Rakornis PUPR Kalsel, Terapkan Skala Prioritas Dalam Pembangunan - Bingkai Banua

Thursday, February 7, 2019

Rakornis PUPR Kalsel, Terapkan Skala Prioritas Dalam Pembangunan

Rakornis PUPR Kalsel, Terapkan Skala Prioritas Dalam Pembangunan

Banjarmasin – Sekretaris Daerah Prov Kalsel, Drs H Abdul Haris,MSi mengharapkan kepada Kepala dinas terkait ke-PUPR-an di kabupaten/kota dapat menetapkan skala prioritas dalam menentukan program/kegiatan, sehingga dalam tahapan pelaksanaan nanti, dapat mencapai target sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
Suasana Rakornis PUPR Kalsel / foto: humaskalsel
Harapan tersebut disampaikan Sekdaprov Kalsel sesaat setelah membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) ke-PUPR-an Prov Kalsel, Kamis (7/2) di Hotel Rattan Inn.

Diungkapkan Sekdaprov, pentingnya koordinasi dan singkronisasi setiap rencana pembangunan di Kalsel.

Rakornis sebut sekdaprov sangat strategis, karena dapat saling bersinergi dan menyamakan persepsi dalam melaksanakan pembangunan sesuai rencana program/kegiatan tahun 2020, antara pemerintah kabupaten/kota dengan Pemprov Kalsel.

"Bagaimanapun, Pemprov Kalsel adalah pemprovnya Kab/kota, dan sebaliknya kab/kota adalah kab/kota dari pemprov kalsel, untuk itu harus ada sinergi dan singkronisasi berbagai program sehingga dapat dimaksimalkan, baik dari sisi anggaran maupun hasil yang dicapai" ujarnya.

Lebih lanjut Sekdaprov mengatakan bahwa rakornis yang diselenggarakan setiap tahun ini, juga dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk menyerap aspirasi dari kabupaten/kota, untuk kemudian diselaraskan, sesuai arah, strategi, dan kebijakan pemerintah provinsi. 

Diharapkan Sekdaprov, para kepala dinas terkait ke-PUPR-an di kabupaten/kota dapat menetapkan skala prioritas dalam menentukan program/kegiatan, sehingga dalam tahapan pelaksanaan nanti, dapat mencapai target sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. 

”Dengan dilakssanakannya Rakornis ini, diharapkan pelaksanaan program/kegiatan yang bersumber dari APBN, APBD provinsi, maupun APBD Kabupaten/Kota, sesuai arah pembangunan yang telah diamanahkan dalam RPJMN dan RPJMD, serta dapat menjadi acuan dalam menyusun program/kegiatan di kabupaten/kota tahun 2020.

Sementara Kepala Dinas PUPR Prov Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan rapat yang diikuti oleh Kepala Dinas PU dan Kepala Bappeda 13 Kabupaten/Kota se Kalsel, akan memaparkan program-program pembangunan, kemudian akan diselaraskan dengan visi-misi Gubernur.

Arah pembangunan Kalsel sendiri sudah jelas. Sebagaimana yang telah termaktub dalam RPJMD 2016-2021, yaitu mewujudkan Kalsel Mapan (Mandiri dan Terdepan) Lebih Sejahtera, Berkeadilan, Berdikari, dan Berdaya Saing.

”Program-program yang akan dipaparkan atau disusun harus sesuai dengan visi misi pa Gubernur. Infrastruktur, sarana prasaran untuk menunjang pengembangan sumber daya manusia, pengembangan pariwisata, industri, perdagangan dan jasa merupakan prioritas yang melibatkan ke-PUPR-an” jelasnya.(rny/rr/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved