Berinvestasi Di Kalsel Mudah - Bingkai Banua

Wednesday, February 20, 2019

Berinvestasi Di Kalsel Mudah

Berinvestasi Di Kalsel Mudah

Banjarbaru - Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengungkapkan pentingnya pembangunan sektor pertanian di masa sekarang.
Bergerak, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Menggelorakan Semangat Bergerak Bersama Pengusaha Kelapa Sawit Kalsel yang Tergabung Dalam GAPKI
Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kalsel pada saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Klinik ISPO, Senin (18/02) di Hotel Grand Daffam Syari'ah.

Pentingnya sektor perkebunan yang merupkan bagian dari sektor pertanian tidak lepas dari kondisi yang dihadapi oleh Kalsel.
Dimana, sekarang dan kedepannya, Pemprov Kalsel di bawah komando Gubernur H Sahbirin Noor terus berupaya untuk menggali potensi ekonomi dari sumber daya yang terbarukan.

Kalsel memang dikenal dengan potensi pertambangan yang menjadi salah satu sumber utama pendapatan daerah. Namun pertambangan adalah sumber daya alam yang tidak terbarukan atau sewaktu-waktu bisa habis.

Melihat hal tersebut, Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin menegaskan pentingnya sumber ekonomi dari sumber daya terbarukan, salah satunya adalah sektor perkebunan.

"Pengembangan sektor perkebunan sangatlah penting. Kita saat ini tidak bisa lagi terus bergantung kepada sektor pertambangan karena merupakan sumber daya alam yang tak terbarukan. Maka dari itu kita akan menggali potensi-potensi sumber daya terbarukan salah satunya adalah dari sektor perkebunan" ujarnya.

Paman Birin juga mengungkapkan akan membantu dan mempermudah para pengusaha atau investor yang akan berinvestasi di Kalsel.
Sebagaimana yang diutarakan Presiden RI Joko Widodo, untuk memberikan kemudahan dalam berusaha dan berinvenstasi. Merevisi atau mengubah aturan-aturan yang dapat menghambat dunia usaha atau investasi.

“Kita akan dukung para pengusaha untuk berusaha atau berinvestasi di Kalsel. Sebagaimana yang dikatakan Presiden Jokowi, kita harus mendukung dan memberikan kemudahan. Merevisi atau merubah aturan-aturan yang dapat menghambat dunia usaha atau investasi” jelasnya.

Dukungan ini juga merupakan bentuk sinergis antar pengusaha dan pemerintah. terlebih sektor perkebunan banyak menyerap tenaga kerja.

Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) menurut Ketua Pokja Percepatan Sertifikasi ISPO GAPKI Pusat, Bambang Dwi Laksono sangat penting untuk dimiliki bagi yang berkecimpung di industri kelapa sawit.

“Dengan adanya sertifikasi ISPO menunjukkan bahwa hasil kelapa sawit tersebut dihasilkan dari proses menanam dan tata kelola perkebunan yang baik dan sesuai dengan regulasi di Indonesia” ujarnya.

Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Totok Dewanto mengatakan dari 70 perusahaan kelapa sawit di Kalsel yang terdaftar di GAPKI, baru ada sekitar 51 persen perusahaan yang memiliki sertifikat ISPO. Bahkan untuk perusahaan sawit yang menggunakan sistem plasma, baru 2 perusahaan yang mengantongi Sertifikat ISPO. Sertifikat ISPO sendiri sangat diperlukan agar hasil produksi kelapa sawit bisa dengan mudah di ekspor ke negara seperti Eropa dan Amerika.

"Karena itulah sekali lagi kami berharap banyak adanya dukungan dari Pemprov Kalsel agar kedepannya bisa lebih banyak perusahaan sawit di Kalsel yang mendapatkan Sertifikat ISPO," pungkasnya.(rny/humaskalsel/bingkaibanua)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Bingkai Banua | All Right Reserved