Tingkatkan Kerja Sama, Pemprov Kalsel Kirim Delegasi Ke Finlandia dan Estonia - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, December 13, 2018

Tingkatkan Kerja Sama, Pemprov Kalsel Kirim Delegasi Ke Finlandia dan Estonia

Banjarbaru, upaya membangun dan meningkatkan kerjasama diberbagai bidang terus dilakukan oleh Pemprov Kalsel. Tidak hanya di level nasional, kerja sama juga dilakukan di level internasional.
Kepala Dinas Kehutanan Prov Kalsel, Dr Hanif Faisol Nurofiq saat Menyampaikan Keterangan Pers
Dipimpin oleh Kepala Dinas Kehutanan Prov Kalsel, Dr Hanif Faisol Nurofiq delegasi Kalsel yang terdiri dari Kepala Bappeda, Ir H Nurul Fajar Desira,CES, Kepala Dinas PUPR, Roy Rizali, Kepala DPMPTSP Ir H Nafarin,MP, Kepala Dinas ESDM Isharwanto, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Drh. Suparmi, Kepala Biro Pengembangan Produksi Daerah Drs. Muhammad Syah Jehan,MAP dan Kabid Infrastruktur, Hanifah Dwi Nirwana bertolak ke Finlandia dan Estonia dari tanggal 3-10 Desember 2018. 

Selama berada di Finlandia dan Estonia, para delegasi disibukkan dengan meeting dengan berbagai pihak setempat untuk memperkuat kerja sama di bidang kehutanan, membangun kerja sama diberbagai bidang lainnya, dan mempromosikan potensi Kalsel. 

"Kunjungan kami ke Finlandia dan Estonia tentunya untuk memperkuat kerja sama di bidang kehutanan yang sudah terjalin selama ini. Kerja sama lainnya juga kami tawarkan, terutama di sector investasi, perdagangan, dan pariwisata, serta kami juga mempromosikan potensi Kalsel" ujar Hanif saat memberikan keterangan pers, Kamis (13/12) di Aula Rimbawan 2 Kantor Dishut Prov Kalsel.

Dilanjutkan Hanif, hasil dari kunjungan ini akan ditindaklanjuti dengan melakukan beberapa kerja sama di berbagai bidang, diantaranya rencana kerjasama dengan LUKE dalam bentuk Research and Development Collaboration penyusunan grand design/roadmap Kehutanan Kalimantan Selatan.

Rencana kerjasama capacity building dengan Mets√§keskus melalui perusahaan milik negara TAPIO,  ada juga rencana kerjasama dengan NESTE dalam bentuk joint coalition promotion pengelolaan hutan dan sawit lestari di Kalimantan Selatan bekerjasama dengan seluruh stake holder terkait di Kalimantan Selatan.
Pertemuan Delegasi Kalsel di Finlandia
Kepala Bappeda Nurul Fajar Desira tertarik untuk menerapkan konsep smart city seperti di Kota Tallim, Estonia. 
Dijelaskan Fajar, konsep smart city tidak hanya bertumpu pada IT semata, tetapi juga menyangkut gaya hidup. 

"Smart city yang ada di sana tidak hanya terkait IT saja, tetapi gaya hidup masyarakatnya. Ini sejalan dengan konsep Banjarbakula di Kalsel, dan nantinya konsep ini juga akan dishare ke kota-kota di Kalsel yang menerapkan smart city" jelasnya.

Fajar juga berkesempatan untuk memaparkan dan mempromosikan berbagai daerah tujuan wisata di Kalsel yang terdiri dari wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan, seperti ecotourism ke kawasan Geopark Gunung Meratus, kawasan konservasi Bekantan, kunjungan ke pasar terapung/floating market Lok Baintan, serta pasar batu berharga Pasar Martapura.

“Setelah kita paparkan tentang potensi pariwisata Kalsel, mereka tertarik terutama dengan Wisata Pasar Terapung di Lok Baintan dan Konservasi Bekantan” paparnya.

Sementara di bidang energi dan investasi juga menarik perhatian dari Kepala Dinas ESDM dan Kepala Dinas PMPTSP, yang diharapkan dapat dilakukan kerja sama untuk pengelolaan limbah kehutanan, perkebunan, sawit menjadi salah satu sumber energi yaitu biomas.

Selanjutnya, Pemprov Kalsel merencanakan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pameran pariwisata MATKA 2019 di Helsinki, Finlandia pada tanggal 16-20 Januari 2019 serta pameran pariwisata TOUREST 2019 di Tallinn, Estonia pada tanggal 8-10 Februari 2019 sebagai salah satu bentuk tindak lanjut promosi tujuan pariwisata secara berkelanjutan di wilayah Nordik dan Baltik.

Untuk sektor pendidikan, pihak Kalsel juga menyampaikan minatnya untuk memiliki kerjasama pelatihan guru maupun  tailor made Commisioned Master Degree program lainnya dengan Universitas Tampere.(rny)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad