IBX5A2DB0A16D0BC Paman Birin Berikan Penghargaan Efesiensi Energi di Kalsel - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, December 4, 2018

Paman Birin Berikan Penghargaan Efesiensi Energi di Kalsel

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor (Paman Birin) Memberikan Penghargaan Kepada Salah Satu Pemenang Efesiensi Energi di Kalsel
Banjarbaru – Sebagai bentuk apresiasi kepada para stakeholders dan mempromosikan keberhasilan penerapan efisiensi dan konservasi energi di Prov Kalsel, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor memberikan penghargaan energi bidang efesiensi energi, Selasa (12/4).

Tiga daerah di Kalsel berhasil meraih penghargaan tersebut, yaitu Kabupaten Banjar sebagai juara pertama, kemudia disusul Kab Kotabaru dan Kab Tanah Bumbu masing-masing sebagai juara kedua dan ketiga.

Untuk lingkup prov Kalsel juara pertama berhasil diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, juara dua Dinas Perdagangan Prov Kalsel, dan juara ketiga diraih oleh Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Banjarbaru Prov Kalsel.

Dikatakan Gubernur, diberikannya penghargaan ini merupakan bentuk dukungan nyata terhadap upaya penghematan energi sebagaimana diinstruksikan oleh Presiden sejak tahun 2011 yang lalu.

“Sebagaimana Instruksi Presiden RI Nomor 13 tahun 2011 Tentang Pengehmatan Energi dan Air, menginstruksikan kepada Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota, untuk melakukan langkah-langkah, dan inovasi pengehmatan energi dan air, di lingkungan instansi masing-masing, serta membentuk gugus tugas penghematan energi” ujarnya.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin mengintruksikan kepada semua elemen masyarakat, khususnya jajaran Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, untuk melakukan penghematan penggunaan listrik, penggunaan bbm dan penggunaan air secara sungguh-sungguh mulai sekarang ini. 

“Matikan lampu dan peralatan listrik lainnya jika tidak digunakan, lepas stop kontak jika peralatan sudah dimatikan. Aturlah suhu AC di ruangan antara 24 derajat sampai dengan 27 derajat celcius.Jangan sampai AC di ruangan kantor 18 derajat, apalagi kantor dalam keadaan kosong. Jangan mubazir terhadap energi, karena mubazir itu adalah saudaranya syaitan” ajaknya.

Paman Birin berharap, dengan upaya penghematan energi ini dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan prestasi dalam lomba penghematan energi yang tahun ini berhasil diraih Kalsel sebagai juara ketiga nasional.

“Mari kita pertahankan prestasi Provinsi Kalimantan Selatan, yang beberapa waktu lalu meraih peringkat tiga nasional dalam lomba penghematan energi. Kita perjuangkan agar tahun depan, prestasi kita lebih baik lagi dalam lomba penghematan energi” harapnya.

Namun hal penting yang harus dilakukan menurut Paman Birin adalah mendorong kesadaran masyarakat untuk menghemat energi di lingkungan rumah tangganya masing-masing. Kesadaran masyarakat terkait penghematan energi sangat berdampak pada ketahanan energi di Kalsel.

“Menghemat energi adalah salah satu cara untuk mempertahan ketahanan energi bagi negeri kita. Sebagai bagian dari NKRI, sudah menjadi tugas kita bersama untuk menghemat energi di Kalsel, demi mempertahan ketahanan energi nasional. Penghematan energi menguntungkan bagi kita semua. Menguntugkan bagi bangsa dan masyarakat” tegasnya. 

Kepada para pemenang, Paman Birin berharap dapat lebih memotivasi, menumbuhkan kreasi, dan sekaligus menginspirasi berbagai pihak, untuk terus bergerak dalam penghematan energi di Provinsi Kalimantan Selatan.(rny/rr/bingkaibanua)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad