Kalsel Akan Manfaatkan Limbah Sebagai Sumber Energi - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Friday, December 14, 2018

Kalsel Akan Manfaatkan Limbah Sebagai Sumber Energi

BANJARBARU – Sektor energi dan investasi mejadi salah satu hal yang menarik dari kunjungan Delegasi Pemprov Kalsel ke Finlandia dan Estonia beberapa waktu lalu.
Kunjungan Delegasi Pemprov Kalsel ke Finlandia dan Estonia
Disampaikan salah satu anggota Delegasi, Kepala Dinas ESDM, Isharwanto bagiamana sejumlah negara maju seperti Finlandia memanfaatkan limbah sawit, limbah kehutanan, dan limbah perkebunan lainnya sebagai salah satu sumber energi, yaitu biomassa

"Limbah kelapa sawit, termasuk serabut dan cangkangnya, ternyata dapat digunakan sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga UAP (PLTU) seperti yang sudah dikembangkan negara-negara maju seperti Finlandia" kata Isharwanto, Kamis (13/12), di sela jumpa pers hasil kujungan sejumlah pejabat Pemprov Kalsel ke Finlandia beberapa waktu lalu.

Terobosan yang dilakukan Finlandia ini, diakui Isharwanto menginspirasi pihaknya untuk dikembangkan di Kalsel sebagai energi biomassa.

Energi biomassa sendiri adalah energi dibuat untuk bahan bakar yang didapatkan dari sumber alami yang dapat diperbarui. Jadi, energi biomassa ini bisa menjadi jalan keluar dari bahan bakar yang selama ini tidak dapat diperbaharui dan mencemari lingkungan hidup. 

Contoh Dalam Penerapan Energi Biomassa Saat Ini. Selama masih ada tumbuhan ataupun mikro dan makroorganisme, maka energi biomassa akan tetap bisa diproduksi.

Karena itulah, energi biomassa ini termasuk dalam energi yang dapat diperbaharui. Berbeda dengan bahan bakar fosil yang akan habis suatu saat nanti.

Sementara Pimpinan Delegasi Kepala Dinas Kehutanan Prov Kalsel, Dr Hanif Faisol Nurofiq mengatakan selama berada di Finlandia dan Estonia, para delegasi disibukkan dengan pertemuan-pertemuan dengan berbagai pihak setempat untuk memperkuat kerja sama di bidang kehutanan, membangun kerja sama diberbagai bidang lainnya, dan mempromosikan potensi Kalsel.

"Kunjungan kami ke Finlandia dan Estonia tentunya untuk memperkuat kerja sama di bidang kehutanan yang sudah terjalin selama ini. Kerja sama lainnya juga kami tawarkan, terutama di sektor investasi, perdagangan, dan pariwisata, serta kami juga mempromosikan potensi Kalsel" ujar Hanif.

Delegasi Pemprov Kalsel juga diikuti oleh Kepala Bappeda, Ir H Nurul Fajar Desira,CES, Kepala Dinas PUPR, Roy Rizali, Kepala DPMPTSP Ir H Nafarin,MP, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan drh Suparmi, Kepala Biro Pengembangan Produksi Daerah Drs Muhammad Syah Jehan,MAP dan Kabid Infrastruktur, Hanifah Dwi Nirwana.(rr/bingkaibanua)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad