IBX5A2DB0A16D0BC Sukseskan Revolusi Hijau Paman Birin Gagas ASN Adopsi Pohon - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, November 28, 2018

Sukseskan Revolusi Hijau Paman Birin Gagas ASN Adopsi Pohon

BANJARBARU – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menggagas pejabat ASN lingkup Pemprov Kalsel memiliki ‘anak asuh’. Anak asuh dimaksud, adopsi sebatang pohon yang ditanam di lingkungan perkantoran Setdaprov Kalsel, Banjarbaru.
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Menanam Pohon Pada Launching Program Adopsi Pohon
Launching program adopsi pohon lingkup Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Kalsel, langsung diresmikan gubernur di halaman kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Selasa (9/10). Kegiatan ini melibatkan 840 ASN, baik dari pejabat eselon II, III, dan IV.

Menurut Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, dilibatkannya setiap pejabat ASN adalah salah satu upaya meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya, terutama revolusi hijau.

“Pejabat-pejabat disini saya harapkan dapat memiliki rasa peduli dan sayangnya terhadap ‘anak asuhnya’, yakni adopsi pohon yang telah ditanam agar jangan sampai rusak, apalagi mati,” tandas gubernur.

Sementara menurut data yang dipaparkan Kadsihut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, sampai 2018 ini sudah terealisasi 10.200 hektar lahan yang telah ditanami dan diremajakan.

Jumlah ini jauh melampaui dari tahun-tahun sebelum kepemimpinan Gubernur Sahbirin Noor yang hanya sekitar 2 ribu sampai 2.500 hektar lahan pertahunnya se Kalsel.

Sedang target program Revolusi Hijau untuk penanaman di hutan industri, hutan alam dan sosial, 32 hektar pertahun.

“Melalui gerakan revolusi hijau, gubernur telah berupaya secara sistematis menggelorakan kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan di Kalsel melalui berbagai macam cara dengan target 32 hektar pertahun se Kalsel. 2018 ini telah teralisasi 10.200 hektar lahan” jelas Hanif.

Pada launching program adopsi pohon, gubernur bersama Sekdaprov, Abdul Haris, beserta seluruh ASN, baik eselon II, III, dan IV, mengadopsi 1 pohon yang ditanam pada ruang terbuka di halaman Kantor Setdaprov Kalsel di Banjarbaru.

Pemeliharaannya akan dilakukan masing-masing pejabat serta dibantu kelola Koperasi ASN Kalsel. Sampai saat ini telah 2.500 pohon yang ditanam pada kawasan itu.

Revolusi hijau di kawasan terbuka Setdaprov Kalsel ini juga akan diperluas saat kegiatan HPS 2018 yang akan dimulai 16 hingga 21 Oktober mendatang.

Dalam rangkaian HPS tersebut, sebanyak 40 orang terdiri dari para duta besar, diplomat serta perwakilan organisasi internasional, akan diajak memiliki ‘anak asuh’ atau mengadopsi 1 pohon pada kawasan tropical rainforest miniature di ruang terbuka Setdaprov Kalsel itu. (dev/foto: hum)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad