IBX5A2DB0A16D0BC Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 di Kalsel, Raih Rekor MURI Pelajar Terbanyak Menanam Padi - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, September 22, 2018

Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 di Kalsel, Raih Rekor MURI Pelajar Terbanyak Menanam Padi

BATOLA – Pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) Tahun 2018 yang tinggal hitungan hari lagi. Sejumlah elemen masyarakat turut terlibat dalam mensukseskan hajatan akbar bagi insan pertanian.
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Bersama Ribuan Pelajar Menanam Padi Bersama di Lokasi HPS 2018 di Desa Jejangkit Batola
Sebelumnya, berbagai organisasi kemasyarakatan, organisasi pemuda, perusahaan, instasnsi vertikal dan ASN di Kalsel turut mendukung kesuksesan pelaksanaan HPS 2018 di Kalsel, dengan menanam padi bersama di lahan persawahan di Desa Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala.

Kali ini, insan pendidikan juga tidak ketinggalan. Tidak tanggung-tanggung, tidak kurang dari 5000 pelajar dari SMA/SMK menanam padi bersama di Desa Jejangkit, Sabtu (22/9).

Hebatnya, keterlibatan 5000 pelajar ini berhasil meraih rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai pelajar terbanyak menanam padi.

"Kami menyaksikan sendiri hari ini, -- Sabtu 22 September 2019, -- sedikitnya 5000 pelajar SMA/ SMK sederajat berpartisipasi langsung turun ke sawah menanam padi. Ini torehan sejarah luar biasa dari Kalsel", terang Triyono Manager MURI.

Keberhasilan memecahkan rekor MURI ini tidak lepas dari peran Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam menggerakan semua elemen masyarakat dalam mendukung program pembangunan nasional maupun daerah, salah satunya adalah menggerakkan masyarakat untuk mensukseskan Peringatan Hari Pangan Sedunia ( HPS) 2018.

Triyono mengatakan Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini termasuk salah satu sosok kepala daerah luar biasa dan membanggakan. Ini terbukti besarnya partisipasi masyarakat mendukung HPS.

Bahkan sejak MURI didirikan tahun 1990, belum pernah ada kegiatan 5000 pelajar turun bersama ke sawah menanam padi. Ini  sebuah histori luar biasa dan membanggakan.

Atas dasar itulah, MURI memberikan penghargaan dengan kategori Menanam Padi Pelajar Terbanyak.

Masih menurut Manager MURI ini, sebagai lembaga profesional yang diakui dunia tentu penghargaan yang diberikan pihaknya menjadi torehan sejarah bagi Pemprov Kalsel.

Pasalnya, penghargaan yang diberikan hanya  kepada lembaga atau pihak yang benar-benar menoreh prestasi sejarah. Dalam catatan MURI, penghargaan untuk Pemprov Kalsel ini masuk pada daftar penghargaan ke 8.689 sejak MURI berdiri.

Sementara Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, saat ditemui usai tanam padi bersama ribuan pelajar mengucapkan terima kasih atas apresiasi MURI untuk Pemprov Kalsel

"Apresiasi MURI ini adalah penghargaan untuk masyarakat, semua elemen yang telah bekerja keras dan terukur mendukung kegiatan persiapan HPS 2018 di Kalsel", ucapnya.

Gubernur Kalsel menambahkan penghargaan MURI ini dapat memberikan semangat baru bagi semua komponen masyarakat Kalsel untuk selalu bergerak mempercepat  pembangunan di Kalsel, khususnya di sektor peratanian.(bdm/rr/bingkaibanua)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad