IBX5A2DB0A16D0BC Sosialiasasi Perda Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah, Kini Kalsel Miliki Perda Pengelolaan Sampah - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, July 11, 2018

Sosialiasasi Perda Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah, Kini Kalsel Miliki Perda Pengelolaan Sampah

Banjarbaru – Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki populasi lebih dari 3,9 juta orang ini telah memiliki peraturan daerah terkait pengelolaan sampah.
Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah
Hal tersebut seiring dengan disosialisasikannya Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah, Rabu (11/7) di Ruang Rapat H Aberani Sulaiman, Kantor Setdaprov Kalsel.

Gubernur Kalsel mengatakan sebagaimana dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintaha, Hukum, dan Politik, Drs H Gusti Burhanuddin,MSi, perda ini sangat penting dalam rangka mengoptimalkan kebijakan pengelolaan sampah di Kalsel.

Sampah tentunya akan terus ada seiring dengan adanya rutinitas kehidupan mahkluk hidup, adanya pertumbuhan penduduk yang terus meningkat dan pola hidup yang semakin konsumtif.

Di semua daerah, termasuk di Kalsel sebut Burhanuddin, permasalahan sampah menjadi masalah yang harus dipecahkan. Permasalahan sampah jika tidak ditangani dengan baik, sampah ini akan menjadi masalah, dan sebaliknya jika dikelola dengan baik, sampah bisa bermanfaat bagi kehidupan bahkan memiliki nilai ekonomi.

Diharapkan, dengan adanya perda tentang pengelolaan sampah ini, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal pengelolaan sampah di Kalsel, serta dapat mencegah dampak buruk yang ditimbulkan oleh sampah, seperti penyebaran penyakit dan banjir.

“Besar harapan saya, perda ini akan meningkatkan partisipasi dari seluruh pihak, khususnya masyarakat dalam pengelolaan sampah” tulisnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Perda tentang pengelolaan sampah ini, menjadi pedoman bagi Pemprov Kalsel dan seluruh pihak terkait dalam kebijakan pengelolaan sampah di Kalsel.

Dalam pengelolaan sampah ini, Pemprov Kalsel merupakan salah satu pihak yang memiliki tanggung jawab dan kewenangan di bidang pengelolaan sampah. Namun dalam pelaksanaannya atau pengelolaannya Gubernur berharap keterlibatan berbagai pihak, bisa saja bermitra dengan badan usaha dan melibatkan komunitas, penggiat lingkungan, oraganisasi kemasyarakatan, maupun kelompok masyarakat.

Dengan pengelolaan sampah ini, yang terpenting menurut Gubernur adalah terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.(rny/rr/bingkaibanua)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad