IBX5A2DB0A16D0BC Jelang Peringatan HPS Tahun 2018, Kalsel Akan Buka 750 Hektar Lahan Pertanian - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, June 30, 2018

Jelang Peringatan HPS Tahun 2018, Kalsel Akan Buka 750 Hektar Lahan Pertanian

Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman Meninjau Kesiapan Kalsel Sebagai Tuan Rumah Peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2018
JAKARTA - Pemerintah Provinsi Kalsel optimis, bisa merealisasikan pembukaan lahan baru  seluas 750 hektar,  untuk kegiatan gelar teknologi bercocok tanaman pangan dan hortikultura,  pada Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS)  ke XXXIII Tahun 2018, di Desa Jejangkit, Kabupaten Batola, Oktober nanti.

Pentingnya kerja bersama penyediaan lahan 750 hektar untuk gelar teknologi bercocok tanam   pada Peringatan HPS nanti, disampaikan langsung Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman, saat meninjau langsung lokasi HPS, dan mengelar rapat koordinasi dengan instansi terkait   Jumat (29/6).

Ketua Harian Peringatan HPS ke 38 Tahun 2018, Kalimantan Selatan, Dr Suparno mengatakan, bersama para petani dan stakeholder terkait, pihaknya terus bekerja optimal untuk merealisasikan penyediaan lahan 750 hektar sebagaimana harapan menteri Pertanian RI, Amran  Sulaiman.

“Kita  bekerja sesuai target dan rencana. Dan kita  optimis, pembukaan luas tanam baru hingga mencapai 750 hektar akan dituntaskan pada  Agustus” terangnya, Sabtu  (30/6)

Ditemui di sela menghadiri Halalbihalal Kerukunan Bubuhan Banjar (KKB) se Dunia, dirangkai dengan Festival Banjar 2018, di Taman Ismail Marzuki Jakarta, Suparno mengatakan, pihaknya merespon positif dan cepat semangat Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman, agar Kalsel menyiapkan lahan yang masih kurang untuk HPS 2018.

Diutarakan Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, langkah-langkah strategis telah disiapkan antara lain pengerahan dan  penambahan alat berat seperti excavator, traktor, pompa air  untuk membuka lahan baru di areal lokasi tanam.

Kegiatan ini juga didukung penuh anggota TNI dan Kelompok-Kelompok Tani bersama instansi terkait untuk mencukupi lahan yang masih kurang.

Melihat potensi lahan pertanian di Desa Jejangkit, yakni 4000 hektar, tidak menutup kemungkinan garapan lahan baru yang dikerjakan nantinya mencapai di atas 750 hektar.

Suparno menambahkan, optimisme untuk bisa melaksanakan HPS berlangsung dengan sukses juga tidak lepas dari perhatian besar pimpinan daerah dan seluruh komponen masyarakat.(bdm/rr/bingkaibanua)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad