IBX5A2DB0A16D0BC Pantai Pasir Pink di Lombok - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Friday, May 18, 2018

Pantai Pasir Pink di Lombok


Pantai Pasir Pink di Lombok
Pantai pasir pink di Lombok dikenal juga dengan Pantai Tangsi, tepatnya berada di Desa Pemongkong, Jerowaru, Nusa Tenggara Barat. Dulunya pantai ini hanya sebagai tempat transit para nelayan-nelayan dari Desa Tanjung Luar, Keruak. Pantai ini adalah satu dari tujuh pantai di dunia dengan pasir berwana pink dan merupakan satu dari dua pantai di indonesia yang mempunyai pasir pink. Warna pink ini terbentuk karena butir-butir pasir asli bercampur serpihan karang merah muda.

Suasana pantai ini sangat tenang, ombaknya kecil, tentu membuat siapa saja nyaman berada disana. Keindahan pantai ini akan nampak sempurna dengan hamparan bukit yang mengelilinginya. Sisi kirinya terdapat bukit padang rumput dan darisana, kamu bisa melihat keindahan pantai pasir pink di Lombok sepenuhnya. Sementara disisi kanan terdapat tanjung dengan gazebo yang sengaja disediakan oleh pengelola tempat wisata.

Keindahan Pantai Pasir Pink di Lombok
Setibanya di pantai, kamu bisa terus berdecak kagum atas keindahannya. Tidak hanya itu, ternyata area bawah lautnya juga menyajikan keindahan tersendiri. Dengan ombak yang tenang, kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk mengeksplor kehidupan bawah lautnya. Yang mana banyak karang warna-warni, ikan-ikan berenanga yang indah dan beberapa biota laut lainnya yang menyenangkan kalau diamati.

Namun sayang, saat ini beberapa gugusan terumbu karangnya mengalami kerusakan akibat kegiatan para nelayan setempat. Jika kamu sudah puas dengan snorkeling, selanjutnya kamu juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling ke pulau-pulau kecil atau Gili. Tarif sewa perahu cukup murah yakni Rp 10 ribu/ orang dan mampu memuat 10-12 orang. Letak gugusan pulau kecil ini berjarak 2 km dari bibir pantai pasir pink di Lombok.

Disana, kamu pun bisa melihat gua peninggalan Jepang yang berada di bukit sisi tengah pantai ini. Gua ini seperti gua-gua peninggalan Jepang yang ada di Sumatera Barat atau daerah lain di Indonesia. Diamaternya kurang lebih 1,5 meter. Namun, gua ini tidak terawat, banyak ditumbuhi semak belukar. Dulu fungsinya sebagai tempat persembunyian tentara Jepang saat Perang Dunia II. Suasana pantai yang masih alami akan membuat kamu nyaman berlama-lama disana.

Aktivitas di Pantai Pasir Pink
Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai yang unik ini. Diantaranya seperti snorkeling, menyelam, memancing atau bersantai di pantai sambil menikmati suasananya. Kalau kamu ingin snorkeling, harus membawa peralatan sendiri. Disana tidak ada penyewaan peralatannya.

Akomodasi di Pantai Pink
Saat kamu berwisata ke Pantai Pink, tidak perlu khawatir tentang tempat makan. Disana ada beberapa orang yang menjajakan beragam makanan dan minuman. Tapi, untuk penginapan di pantai ini tidak tersedia. Pilih saja penginapan di daerah terdekat dengan Pantai Pasir Pink di Lombok. Saat hari sudah sore, disarankan kamu segera kembali ke penginapan tersebut.

Letak dan Cara Menuju Pantai Pasir Pink
Letak pantai Tangsi cukup jauh dari pusat kota mataram. Setidaknya memerlukan waktu 2 jam agar bisa sampai disana. Rutenya sama saat ke Tanjung Ringgit karena lokasinya pun berdekatan. Pintu masuk ke pantai pasir pink berjarak 1 km dari Tanjung Ringgit dan disana ada tulisan yang menjelaskan tentang arah Pantai Tangsi ini. Dari tulisan itu kamu bisa berjalan kaki saja.

Bagaimana, sudah tahukan keindahan Pantai Pasir Pink di Lombok ini. Selanjutnya, tentukan kapan waktunya anda berlibur kesana dan dapatkan kenangan berlibur yang berkesan.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad