IBX5A2DB0A16D0BC Parpol Peserta Pemilu Dikenalkan di Atas Sungai - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Monday, April 9, 2018

Parpol Peserta Pemilu Dikenalkan di Atas Sungai

Banjarmasin - Budaya masyarakat Kalimantan Selatan yang dikenal erat dengan kehidupan sungai menjadi inspirasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Kalsel, untuk mengenalkan Partai Politik (Parpol) peserta pemilu dengan menggelar Kirab Partai Politik di Sungai Martapura, Minggu (8/4) pagi.
Kirab Parpol Peserta Pemilu 2019 di Sungai Martapura
Kegiatan yang dipusatkan di Menara Pandang - Siring Pierre Tenderan Banjarmasin itu ditujukan untuk memperkenalkan partai politik yang akan bersaing dalam Pemilihan Umum Legislatif 2019 mendatang.

Ketua KPUD Provinsi Kalimantan Selatan, Samahuddin Muharram, menuturkan, kirab parpol ini melibatkan pengurus 15 partai politik yang sebelumnya sudah dinyatakan lulus verifikasi oleh KPU RI, diantaranya Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat, PDIP, dan sejumlah parpol lainnya.

Kirab Parpol ini dilakukan tak hanya untuk mengenalkan partai politik yang akan menjadi peserta, namun juga diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya dari kalangan pemilih yang tinggal di pinggiran sungai. 

“Jika dikalkulasi secara matematika, dari 500 ribu pemilih di Kota Banjarmasin saja, sekitar 100 ribu pemilih di antaranya berada di kawasan tersebut, kemudian Kirab mengambil rute menyusuri Sungai Martapura dan Sungai Barito, dengan belasan perahu motor yang sudah dihias dan dimodifikasi agar lebih menarik perhatian pengunjung Siring Pierre Tendean” jelas Samahuddin.

Kirab Partai Politik yang digelar KPUD Provinsi Kalimantan Selatan yang dihadiri oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor serta pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi dan para pengurus partai politik, rencananya juga akan dihadiri oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman.   

Namun   karena ada  kerusakan landasan pacu di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, berimbas pada penundaan jadwal penerbangan dari dan menuju Kalimantan Selatan, termasuk pesawat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta - Cengkareng. Arif Budiman tak sempat mengikuti kegiatan pagi hari itu

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor secara resmi melepas peserta kirab, yang juga didampingi oleh petugas kepolisian untuk pengamanan.              

Gubernur berharap pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019 mendatang diikuti dengan integritas tinggi dari seluruh pihak, untuk menciptakan iklim politik yang kondusif seperti yang selama ini sudah berlangsung di Kalimantan Selatan.

Melalui kirab yang melibatkan kearifan lokal daerah ini, Paman Birin, sapaan akrab gubernur kelahiran 12 November 1967 ini  juga mengharapkan tingginya partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya.(dev/rr/bingkaibanua).

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad