IBX5A2DB0A16D0BC Oleh-Oleh Lombok yang Harus Kamu Bawa ke Rumah - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, April 26, 2018

Oleh-Oleh Lombok yang Harus Kamu Bawa ke Rumah


oleh oleh khas Lombok
Oleh-oleh Lombok sangatlah menarik untuk dibawa pulang. Selain berupa barang-barang khas, juga ada makanan yang rasanya khas Lombok. Mengingat Lombok sebagai salah satu tujuan wisata populer di Indonesia, pastinya membuat kamu penasaran ingin kesana. Semua yang ada di pulau ini sangat mempesona. Mulai dari pantai sampai gunung yang menyajikan keindahan tersendiri bagi para wisatawan.

Jika kamu sedang merencanakan liburan ke tempat tinggal suku Sasak ini, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh Lombok untuk orang-orang di rumah. Selain itu, kamu juga bisa mengobati kerinduanmu dengan lombok ketika menggunakan oleh-oleh ini. Sebelum kesana, kamu harus tahu dulu mengenai buah tangan ini, sehingga mudah untuk mendapatkannya. Berikut oleh-oleh khas Lombok yang harus kamu bawa!

Kain Tenun Ikat Sasak
Bukan Indonesia namanya kalau setiap daerah tidak mempunyai kain khas. Nah, di Lombok ini ada kain tenun ikat sasak yang memiliki motif menarik dan kualitasnya pun tak kalah dengan kain-kain dari daerah lainnya. Kalau kamu ingin melihat proses pembuatan kain tenun dan songket ini, maka berkunjung ke Desa Pringgasela, Lombok Timur. Kain ini memakai pewarna alami dan motifnya gari-garis khas. Disana kamu bisa mendapatkan kain lembaran-lembaran atau syal dan juga sarung, harganya tergantung bentu produk dan kualitasnya.

Madu Sumbawa
Selanjutnya tentang oleh-oleh Lombok yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Madu Sumbawa. Kamu bisa membelinya jika ingin meningkatkan kesehatan, madu Sumbawa ini terdiri dari dua jenis. Yang satu adalah madu berwarna kuning kecoklatan dan yang kedua madu putih. Biasanya ditemukan di dekat sarang burung walet. Madu ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan beragwam penyakit dan harga jualnya pun bermacam-macam. Mulai dari Rp 85 ribu/botol untuk madu putih. Umumnya jika ingin dibawa ke luar kota, madu ini dibungkus khusus supaya tidak pecah dan kualitasnya terjaga.

Dodol Rumput Laut
Selain madu yang bermanfaat untuk kesehatan, ada pula dodol rumput laut khasi Lombok. Karena banyak pantai di Lombok, banyak masyarakat sekitarnya yang membudidayakan rumput laut dan dibuat berbagai macam produk makanan, salah satunya dodol. Disana ada banyak merek dodol rumput laut yang dipasarkan. Paling populer di toko di A.A. Gede Ngurah, Cakranegara. Sementara itu, dodol rumput laut Phoenix food dibuat dengan banyak varian rasa seperti semangka, sirsak, nangka, tomat, labu siam dan jagung. Harganya bervariasi antara Rp 15 ribu -  Rp 25 ribu/ kotak 180g.

Mutiara
Bagi kamu yang suka sekali dengan perhiasan, maka sangatlah tepat bila kamu datang ke Lombok. Mutiara merupakan oleh-oleh Lombok yang paling diminati karena jenisnya terbaik di dunia. Karena itu, tak heran bila kolektor mutiara di seluruh dunia memburunya. Tapi, kamu harus mempersiapkan dana cukup banyak untuk membelinya. Sebab, harga Mutiara ini cukup tinggi. salah satu pengrajin dan pemasaran mutiara di Lombok ada di Kampung Sekarbela Ampenan. Disana kamu bisa menemukan toko ataupun kios yang menjajakan aneka bentuk perhiasan mutiara. Mulai dari gelang, bros, cincin dan masih banyak lagi.
Kerajinan Tangan Khas Lombok
Kamu juga bisa membawa pulang kerajinan tangan khas Lombok kerasi dari suku Sasak. Pusat kerajinan ini terletak di Desa Loyok, Lombok Timur. Disana kamu bisa menemukan toko yang menjual hasil kerajinan harga terjangkau. Kamu bisa membeli hiasan dinding yang menarik, piring, gelang sampai hiasan lampu.

Demikianlah beberapa macam oleh-oleh Lombok yang mesti anda dapatkan ketika berkunjung disana.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad