IBX5A2DB0A16D0BC Di Hari Jadi ke15, Wagub Kalsel Puji Kenaikan IPM Balangan - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Monday, April 9, 2018

Di Hari Jadi ke15, Wagub Kalsel Puji Kenaikan IPM Balangan

Paringin - Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Resnawan,  mengapresiasi tinggi atas  sinergitas dan kerja keras Pemerintah Kabupaten Balangan dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) .
Wakil Gubernur Kalsel pada Saat Menghadiri Hari Jadi ke 15 Kabupaten Balangan
IPM Balangan terus merangkak naik sejak tahun 2014 dengan kenaikan hampir 1 digit per tahun.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Resnawan saat menghadiri  Peringatan Hari Jadi ke 15 Kabupaten Balangan, di Ruang Terbuka Hijau Dispora Kab Balangan, Minggu (8/4).

“Indikator keberhasilan pembangunan Balangan, berupa Indeks Pembangunan Manusia yang meliputi angka harapan hidup, angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah tumbuh secara optimal. IPM Balangan tahun 2014 sebesar 64,44, Tahun 2015 mencapai 65,34 dan tahun 2016 meningkat lagi menjadi 66,25” sebut Rudy Resnawan.

Wagub berharap, keberhasilan yang telah diraih Kabupaten Balangan terus dipertahankan. Lalukan percepatan dalam memacu pembangunan daerah.

IPM yang memang sudah positif peningkatanya, namun perlu lebih tinggi lagi, agar IPM Kalsel merangkak naik secara nasional.

“Kenaikan setiap tahun hampir satu digit ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan” ucapnya. 

Disampaikan Wagub, tantangan ke depan dalam memajukan daerah tidaklah mudah. Pembangunan daerah membutuhkan sinergi, kebersamaan dan bekerja lebih maksimal lagi dalam mengembangkan dan memaksimalkan potensi daerah.

“Dalam membangun daerah kita membutuhkan sinergi semua pihak, saya berpesan jangan becakut pepadaan” tegasnya.

Dirinya juga mengatakan, dalam menggapai sebuah cita-cita tidak hanya ada kendala dan tantangan tetapi juga dihadapkan pada keterbatasan, untuk itu Pemerintah Daerah harus mampu mengembangkan inovasi dan kreativitas, agar keterbatasan tersebut menjadi kekuatan dalam mencapai tujuan.

Sementara itu, Bupati Balangan Ansharuddin mengatakan Pemkab Balangan konsisten menuju daerah yang maju dan sejahtera melalui pembangunan sumber daya manusia. 

“Dari sisi kesehatan Pemkab Balangan telah menjalin kerja sama BPJS untuk memberi jaminan kesehatan bagi seluruh warga Balangan. Hingga Maret 2018 jumlah warga yang sudah didaftarkan sebanyak 78.014 orang. Itu artinya semua orang telah menjadi peserta program JKN” sebutnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, sektor yang tidak kalah penting adalah pendidikan. Tahun 2017 lalu Pemkab Balangan memberikan beasiswa kepada 913 orang penerima, termasuk yang kuliah di berbagai perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri. 

Di bidang ekonomi kerakyatan, beberapa capaian membanggakan juga diraih Pemkab Balangan terutama pada sektor pertanian dan perkebunan.

“Padi, jagung, kedelai sebagai pendukung utama ketahanan pangan daerah, pada tahun 2017 semua produksi berhasil melampui target, sedangkan target produksi getah karet adalah sebesar 25.589 ton dan terealisasi sebesar 26.466 ton” sebutnya. 

Dirinya berharap apa yang sudah diraih bisa jadi pendorong semangat untuk terus maju dan mewujudkan Banua Sanggam yang unggul. (syh/rr/bingkaibanua)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad