IBX5A2DB0A16D0BC Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Gili Trawangan Lombok (NTB) - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, May 3, 2018

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Gili Trawangan Lombok (NTB)


Gili Trawangan Snorkeling. (foto: pustakatoday.com)
Gili Trawangan merupakan pulau yang letaknya di bagian barat daya Pulau Lombok. Pulau ini adalah destinasi wisata yang menempati peringkat ke-6 sebagai tujuan wisata pulau yang paling diminatsi di Asia. Kalau dari Pelabuhan Bangsal bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dan jika dari Bali sekitar 1,5 jam. Dulu, Gili Trawangan merupakan kampung nelayan, tapi sekarang ini sudah menjelma sebagai destinasi wisata yang lengkap dengan akomodasi, restauran dan beragam tempat yang indah.

Pulau kecil ini selalu menarik perhatian pengunjung dari seluruh dunia. Mereka biasanya tertarik dengan garis pantai yang indah, hamparan pasir putih sampai kehidupan laut yang menakjubkan. Tempat ini sangat ramai, terutama di musim liburan yakni Juli sampai Agustus dan liburan tahun baru. Baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara berbondong-bondong mengunjunginya.

Aktivitas Asyik yang Dapat Dilakukan di Gili Trawangan
Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga harus melakukan banyak hal di pulau ini. Sehingga, liburan kamu semakin berkesan dan tak terlupakan. Nah, berikut ini kegiatan yang dapat kamu lakukan:

Menyaksikan Sunrise
Salah satu aktivitas yang tidak boleh kamu lewatkan adalah melihat sunrise atau pemandangan matahari terbit dengan latar belakang Gunung Rinjani dan Gili Meno. Lokasi terbaik untuk panorama ini adalah di bagian utara pulau, tepatnya di depan masjid atau kawasan penangkaran penyu.

Snorkeling
Bagi kamu yang suka dengan pemandangan bawah laut, Trawangan merupakan tempat yang tepat. Disana anda bisa berenang dari pantai, lalu kamu akan mengagumi kehidupan laut dengan beragam karang berawarna-warni, berbagai jenis ikan tropis dan makhluk lainnya yang indah. Untuk snorkeling, kamu harus memilih penginapan yang dekat dengan spot snorkeling karena tak semua pantai bagus untuk aktivitas ini. Tak usah khawatir dengan peralatannya, sudah banyak tempat yang menyewakan.

Transparan Kayaking
Kegiatan selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Transparan Kayaking. Itu merupakan kegiatan outdoor di sekitar pulau yang dapat menantang diri kamu. Kalau kamu mempunyai keberanian, sewalah kayak untuk melihat karang-karang warna-warni dan ikan di bagian dasarnya. Cobalah mendayung lebih jauh untuk menyaksikan aktivitas kura-kura berenang di bagian bawah kayak. Harga penyewaan kayak ini sekitar Rp 300 ribu.

Glass Bottom Boat
Kalau kamu ingin dekat sekali dengan kura-kura dan mempelajari kehidupan laut, maka lakukan snorkeling menggunakan perahu kaca (Glass Bottom Boat). Tempat paling menarik untuk aktivitas ini di dekat pantai Gili Meno. Sebab, disana kamu bisa melihat karang biru sampai bangkai kapa yang disebut sebagai Titanic nya Lombok. Biasanya, aktivitas ini diikutkan dalam paket wisata Lombok dan biaya yang harus kamu keluarkan sekitar Rp 130 ribu/ orang selama 2-3 jam perjalanan. Sementara anak-anak dikenakan tarif setengah dari biaya orang dewasa.

Tips Liburan Pertama Kali Saat Ke Gili Trawangan
Bagi kamu yang baru pertama kali ke Gili Trawangan mungkin akan sedikit bingung saat ingin makan atau soal transportasinya. Kamu harus ingat, pengelola tidak mengizinkan sarana transportasi mesin beroperasi di Trawangan. Tapi, justru itulah daya tarik tersendiri. Kamu bisa berkeliling melihat pemandangannya dengan menyewa sepeda. Bersepeda menuju spot-spot wisata menarik. Atau jika ingin lebih nyaman, kamu bisa menyewa cidomo atau kereta kuda.

Sementara itu, jika ingin makan kamu bisa memilih restoran. Disana terdapat banyak restoran yang menawarkan menu makan di seluruh dunia dari Perancis sampai Korea. Namun, akan lebih murah dan sesuai lidah, kalau kamu mencoba makanan khas Indonesia yang dijajakan disana. Kamu juga bisa menjumpai Pasar sentral yang letaknya di tengah-tengah pulau, tepatnya di belakang dermaga penyewaan speed boat.


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad