IBX5A2DB0A16D0BC Turun Ke Desa Jilid 4, Paman Birin Terlahir untuk Bersama Rakyat - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, March 13, 2018

Turun Ke Desa Jilid 4, Paman Birin Terlahir untuk Bersama Rakyat

Sederhana dan senang berbaur dengan rakyat. Kesan lahiriah kepemimpinan ini melekat pada sosok pria bernama lengkap H Sahbirin Noor atau biasa disapa Paman Birin.  
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Memimpin Aksi Turun Ke Desa Jilid 4
Meski  pada dirinya melekat status sebagai seorang Gubernur, namun dalam setiap kunjungan ke masyarakat, Paman Birin  mampu melepaskan kesan formalitas jabatannya tersebut dan memilih menjemput aspirasi secara langsung. Predikat terlahir untuk bersama rakyat,  layak disandangkan kepada Paman Birin sebagai ciri kepemimpinannya.

Faktor lain membuat dirinya senang berbaur dengan rakyat,  selain  jiwa lahiriah kepemipinan, Paman Birin masih ingat dengan pesan Presiden Joko Widodo saat pelantikan dirinya sebagai Gubernur Kalsel di Istana Negara 12 Februari 2016 lalu. Pesan Presiden Jokowi, seorang pemimpin jangan cuma bekerja di belakang meja saja. 

"Rajin-rajinlah terjun langsung ke masyarakat untuk mendengar aspirasi mereka, bisik Presiden saat itu.  Pesan itu semakin pas dengan karakter lahiriah Paman Birin yang sejak duduk di bangku SD, SMP hingga SMA melekat jiwa-jiwa kepimimpinan.

Saat menempuh pendidikan di SMAN 5 Banjarmasin, misalnya, dia telah dipercaya menjadi Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Demikian pula saat kuliah di perguruan tinggi, juga dipercaya sebagai Ketua Menwa.

"Saya lebih suka turun ke bawah untuk menjemput aspirasi masyarakat. Pasalnya, masyarakat akan bisa menyampaikan secara langsung tanpa ragu. Demikian pula jika ada persoalaan akan cepat diselesaikan saat kita berada langsung di lapangan," tuturnya di sela Pelepasan Turun ke Desa Bersama Forkopimda Kalsel, Jumat (9/2) sore.

Pembawaannya yang sederhana dan mudah akrab dengan berbagai kalangan memudahkannya menyerap aspirasi  yang berkembang di lapangan. Sosok pemimpin  yang bukan hanya menerima laporan  dari staf tapi langsung turun ke lapangan mengetahui berbagai kendala pembangunan.

"Kunci keberhasilan pembangunan adalah terletak apada adanya sinergi koordinasi dan gotong royong. Sesuai dengan motto bergerak (Berjuang Gelorakan Rakyat, red) kami akan terus bekerja demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kalsel" ucapnya.

Sementara itu berdasarkan data didapat, kegiatan Turun Desa Bersama Forkopimda Kalsel,  dijadwalkan selama beberapa hari. Di mulai Hari Jumat 9 Maret 2017. Sejumlah permukiman penduduk yang akan dikunjungi antara lain Desa Awang Bangkal, Tambang Ulang, Pelaihari, Pagatan, Kampung Lontar, Kampung Kemuning, Tanjung Seloka, dan Pulau Krasian. (bdm/cindy/fah)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad