IBX5A2DB0A16D0BC Pesan Paman Birin Terkait Dana Desa - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, March 6, 2018

Pesan Paman Birin Terkait Dana Desa

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor pada saat membuka Sosialisasi Nota Kesepahaman dan Pedoman Kerja Tentang Pencegahan, Pengawasan, dan Penanganan Permasalahan Dana Desa
Diprogramkannya setiap desa mendapat kucuran dana desa sebesar 1 miliar merupakan bentuk perhatian dari pemerintah pusat akan pentingnya pembangunan mulai di tingkat desa.

Setiap desa yang ada di Indonesia, termasuk di Kalsel termasuk desa terpencil, menerima kucuran dana desa dari pemerintah pusat.

Dana desa ini merupakan amanah, tidak hanya jumlah yang besar yang mencapai 1 miliar, tetapi juga secara moral, dana desa benar-benar dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat, serta dalam pelaksanaanya juga harus sesuai dengan aturan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan.
Terkait amanah dana desa tersebut, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor berpesan kepada Kepala Desa agar benar-benar menggunakan dana desa berdasarkan atas azas manfaat bagi masyarakat.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini juga mengingatkan kepada Kepala Desa, untuk berhati-hati dalam pelaksanaannya, jangan sampai terjadi kesalahan administrasi, apalagi dengan sengaja menyelewengkannya.

“kami selalu memonitor dan selalu menerima laporan terkait pelaksanaan maupun permasalahan yang terjadi dalam penggunaan dana desa” ujar Paman Birin.

Sementara itu, salah satu nara sumber dalam sosialisasi ini, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Moechgiyarto, mengatakan bahwa pentingnya pelaksanaan dana desa ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri, dan Kepolisian Republik Indonesia, membuat kesepakatan bersama, dan menghasilkan pedoman Kerja Tentang Pencegahan, Pengawasan, dan Penanganan Permasalahan Dana Desa.

Melalui sosialisasi ini, Moechgiyarto mengharapkan, tiga elemen penting, yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Kepala Desa dapat bersinergi, bekerja sama dengan baik dalam penggunaan dana desa.

Tiga komponen ini saling bekerja sama mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan dalam penggunaan dana desa. Selain itu, keterlibatan institusi Polri juga dapat melakukan pencegahan, pengawasan, dan penanganan dalam penggunaan dana desa.

Ditambahgkan Moechgiyarto, hal penting lainnya dengan keterlibatan Polri dan TNI, dapat menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga pelaksanaan pembangunan dengan menggunakan dana desa dapat berjalan dengan baik dan lancar.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad