IBX5A2DB0A16D0BC Paman Birin Ajak Warga Merawat Kesenian Balogo - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, March 14, 2018

Paman Birin Ajak Warga Merawat Kesenian Balogo

Pagatan - Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor terus mengajak masyarakat untuk merawat dan mencintai kesenian dan budaya yang ada di banua, salah satunya adalah balogo.
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor DIarak Warga Saat Mengunjungi Salah Satu Desa di Kalsel
Hal tersebut dikemukakan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor pada lomba balogo dan penanaman pohon yang bertempat di desa Batuah, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu(10/3). 

Menurut Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, seiring dengan perkembangan zaman, para generasi bangsa sudah mulai melupakan serta meninggalkan kesenian dan kebudayaan yang dimiliki. Untuk itu perlu adanya tindakan nyata untuk merawat kesenian termasuk balogo.

"Kesenian balogo ini harus terus kita rawat, perlu ada upaya nyata untuk melestarikan nilai-nilai kesenian dan budaya melalui perlombaan permainan-permainan tradisional seperti ini," ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Sugianoor mengatakan, kegiatan balogo ini diadakan selama 3 hari dengan diikuti kategori perempuan sebanyak 39 orang dan laki-laki sebanyak 49 orang. 

Dirinya mengatakan, kegiatan ini bukan hanya lomba balogo tetapi juga masyarakat diajarkan cara membuat logo dan cara memainkannya dengan benar. 

"Kegiatan sebagai upaya mendorong masyarakat terutama generasi muda agar dengan penuh kesadaran mau merawat dan melestarikan seni budaya kita sendiri," sebutnya. (bdm/cin/syh)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad