IBX5A2DB0A16D0BC Kalsel Kaya Akan Kerajinan Rakyat - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, March 29, 2018

Kalsel Kaya Akan Kerajinan Rakyat

Bingkaibanua.com Banjarmasin - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Hj Mufidah Jusuf Kalla, mengungkapan syukur dan kagum atas kekayaan kerajinan rakyat yang dimiliki Kalimantan Selatan.

"Saya mengetahui di Kalsel kaya akan kerajinan rakyat, antara lain kain sasirangan, batu permata intan, anyaman-anyaman dari bahan alami dan banyak lagi” Ujar Hj Mufidah Jusuf Kalla saat berkunjung ke Kalsel.
Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Hj Mufidah Jusuf Kalla didampingin Ketua Dekranasda Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Mengunjungi Pembuatan Kain Sasirangan di Kalsel.
Menurut Hj Mufidah,  Dekranasda sebagai mitra kerja pemerintah memiliki peran strategis untuk melakukan pembinaan bagi kemajuan kerajinan daerah.

Berkaitan dengan hal itu, lanjutnya, Dekranasda penting untuk terus melakukan inovasi- inovasi kreatif baik dalam bentuk pembinaan dan pelatihan manajemen tata kelola usaha.

“Untuk membantu pengrajin kita meningkatkan usahanya, maka peran Dekranasda sangat penting untuk membantu dalam peningkatan usaha sesuai selera pasar" terangnya.

Hj Mufidah juga mengingatkan pentingnya para pengrajin untuk memanfaatkan teknologi digital seperti pemasaran online.

Demikian pula dalam hal desain, seperti kain sasirangan bisa dikembangkan dalam bentuk fashion. Jika ini dilakukan maka akan bisa meningkatkan nilai jual produk.

Sementara itu Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin, mengungkapkan bangga dan gembiranya atas berkenanya Ketua Umun Dekranas melakukan kunjungan kerja ke Kalsel.

Dilaporkan Hj Raudhatul perkembangan usaha kerajinan rakyat di Kalsel mengalami peningkatan.

Berdasarkan data, jumlah usaha kerajinan di Kalsel tahun 2017 sebanyak 19.907 usaha dengan serapan tenaga kerja 39.814 tenaga kerja.

Peningkatan itu tentu tidak lepas dari bimbingan dan pembinaan dari Dekranas. Dekranasda Kalsel juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalsel dalam mendukung percepatan program-program Dekranasda.

Dalam acara silaturahmi Ketua Umum Dekranas yang juga dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan pejabat terkait,  Hj Mufidah Jusuf Kalla juga memberikan kesempatan kepada pengrajin daerah dan mitra kerja untuk.menyampaikan aspirasi dan kendala melalui sesi dialog. (bdm/end/fah/humpro)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad