IBX5A2DB0A16D0BC Ujar Ust Abdul Somad, Kalsel Negeri Para Ulama - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, February 28, 2018

Ujar Ust Abdul Somad, Kalsel Negeri Para Ulama

Ust Abdul Somad yang saat ini tengah ngehits, berkat ceramah-ceramahnya yang lucu, jenaka, dan merakyat, serta viral di berbagai media sosial, tadi malam (senin malam) datang ke Kalsel, tepatnya di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. 
Ust Abdul Somad
Ust Abdul Somad mengisi tausiyah Tabligh Akbar yang dilaksnakan di Masjid Agung Al-Falah Batulicin. Ribuan bahkan sampai puluhan ribu jamaah hadir dan memadati ruang induk masjid, pelataran, hingga jalanan sekitar masjid. 


Setiba di Masjid, pria yang akrab disapa Ust Somad ini disambut jamaah dengan lantunan shalawat dan takbir, serta kilauan cahaya lensa kamera para jamaah yang ingin mengabadikan momen bersejarah dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kalsel ini. 

Ust Somad memulai ceramahnya dengan ciri khas lugat melayu mengajakn para jamaah untuk berdo’a, dan meluruskan niat, agar kehadiran di setiap majelis ilmu dapat bermanfaat.

Bagi Ust Somad, banua Kalimantan Selatan tidaklah asing baginya, bahkan Ia tidak segan menyebut Kalimantan Selatan sebagai negerinya para ulama. Ia juga menyebutkan, jadi orang banua, jadi orang kalsel harus bangga, karena di banua ini banyak lahir para ulama, yang tidak hanya menjadi pelita bagi banua maupun nusantara, tetapi juga pelita bagi negeri tetangga. 

Selain itu, Ust Somad juga menceritakan keterkaitannya dengan Kalimantan Selatan adalah buku perukunan. Ia mengatakan, mulai dari orang tuanya hingga dirinya, belajar fiqih melalui buku perukunan, belajar shalat lewat buku perukunan. Buku perukunan itu sendiri tidak lain adalah ringkasan dari Kitab Sabilal Muhtadin yang fenomenal yang dikarang oleh Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. 

Tidak hanya itu, Ust Somad juga menceritakan keterkaitannya dengan Kalsel adalah Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari yang menjadi Mufti di Kerjaan Indragiri, Riau, yang tidak lain Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari adalah keturunan dari Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. 

Ust Somad mengagumi kharismatik yang dimiliki oleh Syekh Muhammad Zaini Abdul Gani atau Guru Ijai atau Guru Sekumpul. Ia mengatakan, tahun ini Insyaallah Haul Guru Sekumpul akan dihadiri sekitar 1,5 juta jamaah. Ini adalah fenomena karena ini merupakan haul ulama terbesar se Asia Tenggara. 

Ust Somad berpesan kepada para Jamaah untuk senantiasa mencintai para alim ulama, serta harus bangga menjadi orang Kalimantan Selatan, orang Kalsel cinta ulama, jadiorang Kalsel adalah kehormatan, karena Kalimantan Selatan adalah negerinya para ulama. 

Seperti biasanya, Ust Somad juga memberikan kesempatan bagi jamaah untuk bertanya. Puluhan pertanyaan yang ditulis di selembar kertas, kemudian dibacakan dan dijawab dengan baik oleh Ust Somad. 

Berbagai jenis pertanyaan disampaikan, baik terkait masalah keluarga, akidah, fiqih, maupun permasalahan remaja. Dari sekian pertanyaan, ada dua pertanyaan yang cukup menarik. Pertama pertanyaan terkait melaksanakan acara dan mengundang artis dengan menampakkan auratnya. Ust Somad dengan tegas menjawab bahwa hal tersebut tidak baik bahkan berdosa, sementara yang mengundang juga mendapat dosa, seperti “dosa royalty”. 

Pertanyaan kedua terkait budaya yang memberikan sesajen dan diceburkan ke laut. Dengan gayanya yang tegas, Ust Somad menjawab kita jangan mau kalah dengan jin, kita lebih baik dari jin. Silahkan baca Surah al Jin ayat 29 ujar Ust Somad. 

Tanpa terasa, 1,5 jam berlalu, Ust Somad pun mengakhiri ceramahnya.  Sebelumnya, Ust Somad juga mengagumi petingi-petinggi banua, pejabat-pejabat banua, yang hadir dalam Tabligh Akbar ini. Biasanya diberbagai daerah ia hanya menemui perwakilannya, tapi tidak di Kalsel, mereka hadir, mulai dari Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel, Rachmat Mulyanan, Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming, serta sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama juga hadir dalam tabligh akbar ini.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad