IBX5A2DB0A16D0BC Rakernas APPSI 2018: Ekonomi Daerah Pilar Perekonomian Negara - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Friday, February 23, 2018

Rakernas APPSI 2018: Ekonomi Daerah Pilar Perekonomian Negara

Rakernas APPSI 2018 di Bandung Jawa Barat
Bandung, Jawa Barat - Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas APPSI) menggelar Rapat Kerja Nasional tahun 2018, di Hotel The Trans Luxury Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/2) malam.

Rakernas APPSI yang bertajuk Penguatan ekonomi daerah yang menjadi isu utama dalam Rakernas kali ini mengangkat tema   "Kerja Sama Perdagangan Antar Daerah untuk Penguatan Ekonomi Nasional” dibuka  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Rekernas ini dihadiri seluruh gubernur atau Plt gubernur se-Indonesia. Termasuk Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo yang juga Ketua APPSI.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor usai  Pembukaan Rakernas APPSI 2018, mengatakan, pertemuan antargubernur se Indonesia ini bernilai penting bagi daerah,  terutama upaya memperkokoh kekuatan di bidang pembangunan ekonomi .

"Rakernas ini bernilai strategis bagi daerah, khususnya Kalimantan Selatan. Pasalnya, tema yang dibahas merupakan salah satu pilar utama memperkokoh kekuatan ekonomi daerah maupun nasional," tutur Paman Birin, panggilan akrabnya.

Dikatakan Paman Birin, rakenas ini juga menjadi media strategis bagi daerah untuk lebih memperkenalkan produk komuditi unggulan perdagangan kepada daerah lain, di samping peluang kerja sama di bidang perdagangan.

Rakernas antargubernur se Indonesia, lanjut Paman Birin, juga merupakan media sharing kebijakan daerah dan media berbagi informasi terkait strategi penguatan perekonomian daerah.

Kepala daerah kelahiran 12 November 1967 ini menjelaskan berdasarkan analisa pencermatannya saat menyimak kegiatan pembukaan rakernas adalah pentingnya penguatan perdagangan antar daerah seluruh Indonesia.

"Pentingnya penguatan perdagangan antar daerah juga ditekankan Ketua APPSI Syahrul Yasin Limpo. Pasalnya, dengan sinergitas perdagangan antardaerah maka ekonomi daerah akan mengalami peningkatan pertumbuhannya. Jika ekonomi daerah kuat, maka ekonomi negara secara makro juga menjadi kuat," tandasnya. 

Ditambahkan Syahrul Yasin Limpo pentingnya penguatan perdagangan antar daerah di Indonesia. “Salah satu manfaatnya adalah dapat mengurangi ketergantungan pada impor” tambah Syahrul.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat membuka Rakernas APPSI 2018, mengapresiasi inisiasi APPSI menggelar kegiatan ini.

Mendagri  dalam pidatonya  mengingatkan kepada kepala daerah untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

"Saya mengingatkan agar kepala daerah untuk menjaga keamanan dan ketertiban jelang Pilkada serentak," kata Tjahjo.

Untuk itu perlu konsolidasi semua pihak untuk menjaga Pilkada tetap aman dan berjalan dengan tertib.(endi*)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad