IBX5A2DB0A16D0BC Panen Rambutan Bersama Paman Birin - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Monday, February 19, 2018

Panen Rambutan Bersama Paman Birin

Paman Birin saat Memimpin Panen Rambutan di Tanam Labirin
Tanah Laut – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor memimpin Panen Raya Rambutan di Taman Wisata Labirin, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Sabtu (17/2) siang.

Dengan panen rambutan ini, menandakan Kalsel memiliki potensi yang luar biasa untuk hasil buah rambutan. Sebelumnya, di dua kesempatan dan tempat yang berbeda, diadakan kontes durian yang menandakan Kalsel juga memiiliki potensi buah durian.

Dalam panen raya rambutan ini, Paman Birin mengharapkan kepada Badan Peneitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalsel, dapat terus mengembangkan riset dan teknologi untuk membantu masyarakat petani buah untuk meningkatkan produksi  dan tata kelola usaha pascapanen.

"Lahan di Kalimantan Selatan tergolong sangat subur. Apa saja yang ditanam petani menghasilkan manfaat luar biasa. Ini merupakan  anugerah Allah yang luar  biasa untuk kita semua. Terbukti dari melimpahnya hasil panen rambutan hari ini. Semua berkat ikhtiar dan doa màsyarakat petani" ucapnya.

Dalam panen rambutan yang dihadiri Sekretaris Daerah Proivinsi Kalsel Drs H Abdul Haris Makkie, MSi, Kepala Balitbangda H M Amin, Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel, Kurnadiansyah dan Kepala SKPD lainnya di lingkungan Pemprov Kalsel, Gubernur H Sahbirin Noor, mengatakan pentingnya Balitbangda Kalsel terus mengembangkan riset dan teknologi khususnya di bidang pertanian untuk meningkatkan kualitas dan produksi pertanian dan buah.

Salah satu cara yang dilakukan, sebut Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini adalah terus menjalin  kerja sama dengan instansi terkait atau lembaga riset ahli di bidang pertanian.

Berdasarkan data lapangan, kebun rambutan yang dipanen memiliki luas sekitar satu hektare. Ditanami lima jenis rambutan yakni Si Batok, Antalagi, Garuda, Batuk Ganal dan Si Timbul.

Masing-masing rambutan memiliki ciri khasnya tersendiri, salah satunya adalah Rambutan Batuk Ganal yang memiliki daging tebal dan bercitarasa manis. 

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk gagasan yang kedepannya diharapkan membentuk objek wisata baru di Taman Labirin yang berbentuk wisata buah.

Pengunjung dapat menikmati buah-buahan segar yang dipetik langsung dari pohonnya. Namun untuk wisata buah nantinya, tidak hanya difokuskan untuk rambutan saja.

Paman Birin menambahkan, buah lain  yang bisa ditanam dan cepat panen adalah  Belimbing Madu, Sirsak Madu, Jambu Biji Merah, Kelapa Buah dan buah buahan-buahan lainnya. 

"Kalsel  memiliki potensi besar untuk mengembangkan buah-buahan. Bahkan kita memiliki buah kasturi yang menjadi buah khas Pulau Kalimantan. Tetapi potensi itu tidak memiliki arti jika kita tidak berupaya secara maksimal dalam mengembangkannya, bukan sekedar memperbanyak penanamannya, tetapi kita  perlu memikirkan cara pengolahannya sehingga dapat bertahan lama dan bernilai ekonomi tinggi” tambah Paman Birin.

Contohnya saja buah rambutan yang tumbuh subur di daerah kita, tetapi hanya dapat bertahan kurang lebih selama satu minggu. Setelah pemanenan yang membuat buah rambutan kita tidak memiliki daya saing yang kompetitif tanpa ada kreatifitas dalam pengolahannya.

Paman Birin kembali menaruh harapan memasuki tiga tahun kepemimpinannya,  Balitbangda  mampu membuat temuan-temuan baru untuk mengembangkan  potensi di daerah khususnya potensi buah, yang nantinya dapat membuat buah-buahan dapat bertahan lama dan berdaya saing di pasaran.

Dia  juga  berharap semua komponen untuk terus bergerak lebih maju dalam transformasi dari SDA yang tak terbarukan menjadi SDA yang terbarukan.

Pasalnya, dapat kita ketahui saat ini lebih dari 20% perekonoomian Kalsel berasal dari SDA yang tidak terbarukan seperti batu bara dan itu bisa habis. 

Maka dari itu penting dikembangkan sektor perkebunan dan pariwisata seperti Taman Labirin di Kecamatan Tambang Ulang ini. (cindy/*)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad