IBX5A2DB0A16D0BC Kapal SAR 241 Laksmana Resmi Beroperasi di Kalsel - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, February 1, 2018

Kapal SAR 241 Laksmana Resmi Beroperasi di Kalsel

Kotabaru - Kapal SAR 241 KN Laksmana mulai hari ini (Kamis, 1 Februari 2018) secara resmi beroperasi di Kalsel.
Peresmian Pengoperasian Kapal SAR 241 KN Laksmana
Bersama Stah Ahli Gubernur Kalsel, Bupati Kotabaru, dan Tamu Utama, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Madya TNI M. Syaugi,S.Sos, menekan tombol tanda diresmikannya pengoperasian Kapal SAR 241 KN Laksmana, di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Kotabaru.

Kapal yang berteknologi canggih ini akan digunakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin (SAR Banjarmasin) dan ditempatkan di Pos SAR Kotabaru.

Ditempatkannya Kapal ini di Pos SAR Kotabaru, karena Kotabaru merupakan tempat yang strategis dan tingkat risiko kecelakaan dalam pelayaran sangat tinggi. Selain itu, secara geografis, Kotabaru terletak pada persilangan Asia Pasific.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Madya TNI M. Syaugi,SSos dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan diresmikannya Kapal SAR Laksmana ini, merupakan wujud nyata dalam mendukung pelaksanaan tugas SAR di wilayah perairan SAR Banjarmasin.

Selain itu, hadirnya Kapal SAR Laksmana ini dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat yang melakukan aktivitas pelayaran di perairan wilayah SAR Banjarmasin, baik itu masyarakat Kalsel, luar Kalsel, atau bahkan yang berasal dari luar negeri.

Dipaparkan lebih lanjut oleh Syaugi, kapal berwarna putih oranye itu memiliki panjang 40 meter lebar 7,8 meter, memiliki tiga mesin penggerak kecepatan, dengan kecepatan maksimal mencapai 28 Knot dan mampu membawa 50 orang.


Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengungkapkan apresiasi dan terima kasihnya atas bantuan pemerintah melalui Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), berupa satu unit Kapal SAR 241 KN Laksmana untuk memperkokoh penjagaan wilayah kemaritiman di Banua, khususnya  Kabupaten Kotabaru.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Drs H Burhanuddin, MSi, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Lebih lanjut, Gubernur mengatakan hadirnya kapal yang canggih ini diharapkan mampu memberikan penanggulangan, pencarian, dan pertolongan semakin cepat, serta dapat mendukung pengembangan Kotabaru menjadi poros maritim Indonesia.(rr/bingkaibanua)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad