IBX5A2DB0A16D0BC Dinas PUPR Kalsel Terapkan SMK3 dan Siap Mendukung PON 2024 - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Sunday, February 18, 2018

Dinas PUPR Kalsel Terapkan SMK3 dan Siap Mendukung PON 2024


Dinas PUPR Kalsel Terapkan SMK3 dan Siap Mendukung PON 2024
Dinas PUPR Kalsel Terapkan SMK3 dan Siap Mendukung PON 2024
Banjarmasin, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan akan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dalam konstruksi proyek infrastruktur dan menyatakan siap untuk mendukung langkah Kalsel untuk menjadi tuan rumah PON Tahun 2024.

“aplikasi SMK3 sangat diperlukan untuk meminimalisir atau menghilangkan kasus kecelakaan kerja dan kegagalan konstruksi bangunan” ujar Kepala Dnas PUPR Kalsel, Ir Achmad Sofiani,MT pada rapat Koordinasi Teknis PUPR Kalsel di G’Sign Hotel Banjarmasin.

Dikatakan Sofiani, kecelakaan maupun kegagalan konstruksi bangunan menjadi perhatian serius dari Kementerian PUPR. Menteri PUPR mengingatkan akan pentingnya proporsional dalam bekerja dan bekerja sesuai dengan prosedur, sehingga dapat meminimalisir atau bahkan menghilangkan kecelakaan kerja maupun kegagalan proyek pembangunan.

Selain itu, Menteri PUPR ujar Sofiani juga menekankan akan pentingnya melibatkan Balitbang dan lembaga ke-PU-an lainnya dalam pelaksanaan pembangunan, agar kejadian seperti kejadian robohnya jembatan di Mandastana, robohnya crane tidak terjadi lagi.

“Menteri PUPR menekankan akan pentingnya proporsional dalam bekerja dan bekerja sesuai dengan aturan dan prosedur, serta melibatkan lembaga ke-PU-an seperti Balitbang. Jika ragu dalam pelaksanaannya, maka tanyakanlah kepada Balitbang dan lembaga ke-PU-an lainnya, agar kejadian kecelakaan kerja maupun kegagalan proyek pembangunan dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan” ujar Sofiani.

Ditambahkan Sofiani, dilaksanakannya Rapat Koordinasi Teknis ke-PUPR-an se Kalsel ini merupakan upaya dalam mensinkronkan atau menyelaraskan program-program pembangunan di Kabupaten/Kota harus sesuai dengan visi-misi Gubernur Kalsel.

Rapat yang diikuti oleh Kepala Dinas PU dan Kepala Bappeda 13 Kabupaten/Kota se Kalsel, akan memaparkan program-program pembangunan, kemudian akan diselaraskan dengan visi-misi Gubernur.

“pertemuan ini menekankan agar visi-misi Gubernur Kalsel harus sampai ke Kabupaten/Kota. Mereka nantinya akan memaprakan program-program kemudian diselaraskan dengan visi-misi Gubernur” tambah Sofiani.

Arah pembangunan Kalsel sendiri sudah jelas. Sebagaimana yang telah termaktub dalam RPJMD 2016-2021, yaitu mewujudkan Kalsel Mapan (Mandiri dan Terdepan) Lebih Sejahtera, Berkeadilan, Berdikari, dan Berdaya Saing.

Untuk mencapai target tersebut, tahun 2018 sudah disusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dengan tema memacu investasi melalui pembangunan infrastruktur untuk percepatan pertumbuhan ekonomi yang merata dan berdaya saing menuju Kalsel Mapan.

Semantara untuk RKPD tahun 2019 mengangkat tema Bergerak untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas menuju Kalsel Mapan.

Dalam RKPD 2019 tersebut, ada enam prioritas daerah yang sebagian besar diantaranya melibatkan ke-PU-an, seperti infrstruktur, sarana prasaran untuk menunjang pengembangan sumber daya manusia, pengembangan pariwisata, industri, perdagangan dan jasa, serta persiapan venue menuju tuan rumah PON.

Sofiani menyatakan siap untuk mendukung program-program yang telah direnncanakan, termasuk untuk tuan rumah PON tahun 2024.

“kita sama-sama ketahui, Pa Gubernur sudah menyatakan bahwa Kalsel siap untuk menjadi tuan rumah PON tahun 2024. Itu artinya, kami dari PUPR juga siap untuk mendukung langkah atau komitmen Gubernur tersebut” tegas Sofiani.*(rr/bingkaibanua)


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad