IBX5A2DB0A16D0BC Canggihnya Kapal SAR 241 KN Laksmana Milik SAR Banjarmasin - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, February 1, 2018

Canggihnya Kapal SAR 241 KN Laksmana Milik SAR Banjarmasin

Kapal SAR Laksmana
Di tahun 2018 ini, Tim SAR Banjarmasin memiliki kapal yang canggih dan berteknologi tinggi. Kapal tersebut bernama Kapal SAR 241 KN Laksmana.

Kapal tersebut secara resmi diberikan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) kepada SAR Banjarmasin, Kamis (01/02) di Pelabuhan Pelelangan Ikan Kotabaru.

Kapal yang memiliki panjang 40 meter lebar 7,8 meter telah resmi dioperasikan dan ditempatkan di Pos SAR Kotabaru.
Penasaran dengan kecanggihan Kapal SAR 241 KN Laksmana Milik SAR Banjarmasin? berikut ulasannya.

Kapal SAR Laksmana ini berwarna putih oranye, memiliki panjang 40 meter lebar 7,8 meter. Kapal ini memiliki tiga mesin penggerak kecepatan, yang dapat melaju dengan kecepatan maksimal mencapai 28 Knot dan mampu membawa 50 orang.

Kapal ini juga memiliki kemampuan deteksi permukaan yang dilengkapi forward infra red untuk mempermudah pencarian di malam hari.

Kemampuan deteksi kapal ini mencapai kedalaman 30 meter dari permukaan laut. Sehingga mempermudah Tim SAR Banjarmasin dalam melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan.

Tidak hanya itu, Kapal SAR Laksmana ini juga memiliki alat deteksi korban yg mengapung hingga jarak 5 mil laut dilengkapi alat telekomunikasi canggih yang tersambung langsung dengan satelit serta dilengkapi radar dan GPS untuk menentukan kapal secara tepat.

Kapal ini juga mengedepankan penanganan medis. Kemdian ada alat selam, ada juga alat yang bernama Ecdis dan AIS, sehingga KN SAR Laksmana bisa mengetahui kapal-kapal yang berada di sekitarnya dan dengan data detail nama kapal serta pemilik, bahkan tujuannya. Informasi tersebut ditampilkan di layar AIS.

Demikian ulasan kecanggihan Kapal SAR 241 KN Laksmana yang dimiliki oleh Tim SAR Banjarmasin. semoga dengan kehadiran Kapal ini, dapat meningkatkan kinerja Tim SAR Banajrmasin dan dapat dengan segera melakukan pencarian dan pertolongan terhadap masyarakat yang melakukan aktifitas pelayaran.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad