IBX5A2DB0A16D0BC Wisata Pasar Durian Biih - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 07 Januari 2018

Wisata Pasar Durian Biih

Suasana Wisata Pasar Durian Biih
Wisata Pasar Durian Biih akhir-akhir ini memang lagi hits, terlebih di kalangan pecinta buah durian atau duren.

Biih adalah sebuah desa di Kabupaten Banjar dan termasuk dalam Kecamatan Karang Intan. Desa Biih dikenal sebagi salah satu daerah yang kaya akan buah durian jika musimnya tiba.  

Untuk sampai ke desa Biih, tepat di pasar durian Biih, setidaknya kita membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Kota Banjarbaru. 

Namun lama perjalanan menuju Desa Biih akan terbayar lunas kala kita sudah sampai di Objek Wisata Durian Biih atau Pasar Durian Biih. Bertempat di sebuah kebun yang terdapat banyak pohon durian, diadakan sebuah pasar khusus menjual durian. Para pengunjung akan dimanjakan dengan durian dengan harga yang lebih murah.

Semula pasar durian Biih ini diadakan hanya setiap akhir pekan, yaitu setiap hari Sabtu dan Minggu. Namun, seiring buah durian yang semakin melimpah, serta pasar durian Biih semakin dikenal masyarakat, maka bak gayung bersambut, Pasar Durian Biih kini dibuka setiap hari bahkan hingga menjelang Magrib.

Banyak mobil silih berganti memasuki kawasan Desa Biih. Tidak sedikit pengunjung yang baru sekali saja menginjakkan kakinya di Desa Biih. Pengunjung didominasi oleh warga perkotaan, baik dari Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, dan sejumlah daerah lain di Kalsel. Serta ada juga yang datang dari Luar Kalsel bahkan ada juga yang datang dari Pulau Jawa.

Setiba di Pasar Durian Biih, anda pasti akan bingun sendiri karena banyaknya lapak yang menjual durian ataupun buah-buah lainnya. Disini diperlukan kecermatan anda dalam memilih dan menawar harga durian. Sehingga anda tidak dibuat kecewa baik oleh rasa maupun harganya.

Pedagang di sana ada yang menjual perbiji atau borongan. Para pedagang akan melayani dengan baik, kita disediakan tempat duduk, kemudian duriannya juga dibukakan. Tidak hanya itu, jika durian itu rusak atau tidak manis, makan durian itu bisa diganti, asal makan di tempat.

Jadi, kalau anda ingin merasakan sensasi makan durian di Pasar Durian Biih, Insyaallah tidak akan dibuat kecewa. Duriannya pun diambil dari durian yang jatuh dari pohon atau durian itu benar-benar matang. Namun, kejelian anda tetap diutamakan.

Bagi anda yang belum tahu atau baru pertama kali ke Desa Biih, pastikan kondisi kendaraan anda dalam keadaan fit. Untuk mempermudah, tujuan pertama adalah Kecamatan Karang Intan. Jika kita sudah sampai di pusat Kecamatan Karang Intan, kita ambil lajur kanan (ada tulisan kecil menuju Desa Biih), kemudian ikuti arah petunjuk, jika tidak anda sebaiknya anda bertanya, karena banyak persimpangan. Kemudian sediakan beberapa uang kecil, karena di beberapa persimpangan anda akan menemui relawan yang membantu untuk mengatur lalu lintas.

Selain itu, untuk memasuki pasar durian Biih, kita juga akan dikenakan biaya untuk mobil, yaitu 5 ribu di hari biasa dan 8 ribu di akhir pekan. Sementara untuk kendaraan, tidak dipungut biaya cukup membayar parkir sebesar Rp2000.

Nah, bagi anda pecinta durian, belum lengkap rasanya kalau tidak datang ke Desa Biih. Bagi anda yang penasaran, bisa juga untuk datang dan mencobanya. Selamat Mencoba. (rr/bingkaibanua)

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad