IBX5A2DB0A16D0BC Taman Nasional Way Kambas di Lampung - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Monday, January 29, 2018

Taman Nasional Way Kambas di Lampung

Taman Nasional Way Kambas di Lampung
Taman Nasional Way Kambas di Lampung
Taman Nasional Way Kambas di Lampung merupakan salah satu cagar wisata atau Taman Nasional tertua di Indonesia. Taman Nasional yang terletak di ujung selatang Pulau Sumatera atau berjarak 110 kilometer dari Kota Bandar Lampung ini merupakan salah satu tempat konservasi untuk binatang mamalia terbesar di Dunia. Yaitu Gajah. 

Taman Nasional Way Kambas di Lampung sendiri menempati 1.300 kilometer persegi yang terbentang luas dari hutan dataran rendah hingga sekitar sungai Way Kambas yang terletak di sepanjang pantai timur Provinsi Lampung.

Taman Nasional Way Kambas di Lampung tidak hanya fokus terhadap perlindungan gajah Aceh, salah satu spesies gajah yang merupakan asli dari Indonesia yang akhir-akhir ini terancam punah. Namun di Taman Nasional ini, gajah-gajah juga dilatih untuk melakukan berbagai macam atraksi seperti bermain bola ala gajah.

Kira-kira seperti apa, ya bermain bola ala gajah. Yang jelas bola yang digunakan sangatlah besar mengikuti ukuran tubuh gajah yang beratnya dapat mencapai 2 ton.

Dikatakan sebagai Taman Nasional tertua karena Taman Nasional Way Kambas di Lampung didirikan pada saat pemerintahan Kolonial Belanda yang memang bertujuan untuk menjaga kelestarian gajah.

Apalagi sekarang ini, populasi gajah mulai menurun drastis akibat oleh pembalakan hutan dan perburuan liar. Gajah yang mulai kehilangan habitat alaminya akibat hutan tempat mereka tinggal dijadikan sebagai kebun kelapa sawit. Sehingga gajah mulai kehilangan tempat tinggal alami mereka dan membuat populasi mereka menurun drastis.

Taman Nasional Way Kambas – Lampung ini tidak hanya mengkonservasi gajah saja namun juga badak Sumatera. Namun karena populasi badak yang semakin hari semakin terancam punah, maka tidak semua orang dapat melihat penangkaran badak sumatera. Ada izin khusus yang harus dikantongi wisatawan untuk melihat penangkarannya.

Tapi berbeda dengan penangkaran badak yang tidak dapat secara bebas dilihat, gajah yang berada di Taman ini dapat dilihat secara bebas bahkan pengunjung pun dapat bermain dengan gajah. Seperti bermain bola, bermain teka-teki dan banyak yang lainnya. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap sore hari sementara untuk permainan bola ala gajah hanya dapat dilihat pada weekend saja.

Untuk pengunjung yang tertarik menikmati keseruan berpetualang di Taman Nasional Way Kambas di Lampung dapat mengingap di sebuah cotage yang disediakan oleh pengelola. Untuk menjangkau tempat ini pun cukup mudah karena hanya ditempuh dalam waktu 2 jam saja dengan kendaraan bermotor dari Kota Bandar Lampung.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad