IBX5A2DB0A16D0BC Surat Kuasa Permudah Bayar Pajak - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, January 27, 2018

Surat Kuasa Permudah Bayar Pajak

Membayar pajak merupakan kewajiban kita sebagai warga Negara. Karena uang dari pajak yang kita bayar, merupakan salah satu sumber pendapatan utama pemerintah dalam membangun negeri.
Foto: jempolkaki.com

Kita sering melihat atau membaca istilah, pajak untuk membangun negeri atau pajak sagan membangun banua. 

Betapa pentingnya pendapatan negara di sektor pajak, berbagai inovasi maupun terobosan dilakukan untuk mempermudah masyarakat membayar pajak, khususnya pajak kendaraan bermotor, seperti adanya layanan pajak samsat corner, samsat antar jemput, hingga kebijakan keringanan pajak setiap tahun bagi penunggak pajak.

Selain memberikan kemudahan, terlambat atau bahkan tidak membayar pajak maka si wajib pajak (masyarakat) bisa mendapatkan sanksi. 

Kemudahan yang diberikan sedikit terkendala karena permasalahan administrasi, seperti identitas diri semisal KTP yang tidak sesuai dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) alias kendaraan bermotor tersebut merupakan kepemilikan yang kedua dan seterusnya.

Mungkin untuk pembayaran pajak setiap tahun, semisal di daerah kami di Kalsel, untuk kendaraan roda dua tidak perlu menyesuaikan KTP dengan STNK, cukup kita membawa STNK asli, kita langsung bisa bayar pajak di Samsat Corner khususnya.

Tapi untuk roda empat dan seterusnya harus menggunakan identitas KTP yang sesuai dengan STNK karena adanya kebijakan terkait pajak progresif.

Lantas bagaimana untuk pembayar pajak untuk kendaraan roda dua per lima tahun sekali atau pembayaran saat pembaharuan STNK?

Sedikit berbagi pengalaman, sewaktu saya mau bayar pajak kendaraan roda dua per lima tahun, saya ditolak di Samsat setempat karena saya bukan pemilik kendaraan pertama, jadi saya disarankan untuk balik nama atau meminta surat kuasa kepada pemilik pertama (sesuai STNK).

Nah, bagi anda yang juga memiliki kendaraan bermotor khususnya roda dua, namun bukan pemilik pertama atau identitas tidak sesuai dengan identitas pada STNK, maka anda bisa langsung melakukan balik nama atau meminta surat kuasa. (contoh Surat Kuasa).

Saran saya, selagi kita mengetahui pemilik asal, lebih baik cukup dengan menggunakan surat kuasa untuk bayar pajak setiap tahun atau per lima tahun sekali. Karena Kalau kita balik nama, maka ada biaya yang dikeluarkan, apalagi kalau daerah KTP kita berbeda dengan daerah yang tertulis di STNK, misalnya KTP kita beralamatkan di Banjarmasin sementara STNK kita beralamatkan di Banjarbaru atau Kabupaten lain.

Dalam surat kuasa tersebut, terdiri dari dua pihak, yaitu pihak pertama sebagai pemiliki kendaraan (sesuai STNK) dan Pihak kedua (pemilik kendaraan saat ini).

Pihak pertama memberikan kauasa kepada pihak kedua untuk melakukan pembayaran pajak. Nah dengan begitu, kita sebagai pemilik kendaraan yang baru dapat leluasa membayar pajak baik setiap tahun maupun perlima tahun sekali.

Bagi anda yang bingun bagaimana membuat surat kuasanya, klik link berikut untuk melihat atau mendownload contoh surat kuasanya.

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad