IBX5A2DB0A16D0BC Si Bamban Pemenang Kontes Durian Biih 2018 - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, January 11, 2018

Si Bamban Pemenang Kontes Durian Biih 2018

Gubernur Kalsel, H sahbirin Noor Mencoba Durian yang Mengikuti Kontes durian Biih 2018
Sebanyak 80 orang peserta dengan 80 macam durian mengikuti kontes durian se-Kabupaten Banjar yang digelar di Desa Biih, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kamis (11/01).

Dari 80 jenis durian, durian yang diberi nama “Si Bamban” berhasil menjadi pemenangnya. Durian Si Bamban yang dimiliki oleh Samsi yang berasal dari Desa Biih berhasil mengalahkan berbagai jenis durian lainnya dan berhasil menerima hadiah dengan total lebih dari 10 juta.

Samsi bersama isteri terlihat sangat gembira karena durian milik mereka berhasil menjadi pemenang. Durian Si Bamban ini akan disulkan ke Kementerian Pertanian sebagai varietas durian yang berasal dari Kabupaten Banjar.

Selain Si Bamban, ada 5 jenis durian lainnya yang juga menjadi yang terbaik dalam gelaran kontes durian Biih yang rutin digelar setiap tahun. Diantaranya, Si Banteng dari Biih sebagai terbaik kedua, kemudian Si Dodol dari Desa Balau menjadi terbaik ketiga.

Selain itu, ada Si Naga dari Maniapon Pengaron sebagai juara harapan pertama, Si Gading dari Karang Intan sebagai juara harapan kedua, dan Si Tunjuk dari Pengaron sebagai juara harapan ketiga.

Durian-durian yang mengikuti kontes ini dinilai berdasarkan ukuran, rasa, ketebalan, warna, dan tekstur buahnya.

Selain menggelar kontes Durian, Desa Biih juga ditetap oleh Pemerintah Kabupaten Banjar menetapkan Desa Biih sebagai Agrowisata Durian. Penetapan Desa Biih sebagai Agrowisata Durian ditetapkan langsung oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. (rr/bingkaibanua).

Baca Juga:

Desa Biih Ditetapkan Sebagai Agrowisata Durian

Si Galuh Manis, Durian Baru dari Biih

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad