IBX5A2DB0A16D0BC Rapat Kerja Pemerintah: Presiden Inginkan Percepatan dan Kemudahan Usaha di Daerah - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, January 23, 2018

Rapat Kerja Pemerintah: Presiden Inginkan Percepatan dan Kemudahan Usaha di Daerah

Presiden RI, Joko Widodo saat Membuka Rapat Kerja Pemerintah di Istana Negara Jakarta 
Jakarta – Presiden RI, Joko Widodo menginginkan pemerintah daerah untuk bergerak cepat mengambil langkah-langkah penting bagi percepatan pelaksanaan usaha di daerah.

Hal tersebut dikatakan Presiden Jokowi pada saat memimpin Rapat Kerja Pemerintah bersama Gubernur dan Ketua DPRD seluruh Indonesia, Selasa (23/01) di Istana Negara.

Dalam rapat kerja yang membahas membahas topik terkait percepatan pelaksanaan usaha di Daerah. Presiden Jokowi menaruh harapan besar kepada seluruh kepala daerah untuk menjaga citra Indonesia sebagai daerah tujuan investasi dengan segala kemudahan.

Dicontohkan presiden, jika ada investor untuk membangun pembangkit tenaga listrik di daerah berikan kemudahan sesuai prosedur yg layak.

“Jangan sampai  lama waktu proses perijinan di tingkat pusat lebih sederhana atau lebih mudah dari penyelesaian perizinan dari daerah” ucap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden mengatakan daerah harus bisa menyakinkan calon investor jika perizinan investasi di Indonesia mudah dan aman.

Presiden berharap peneguhan  komitmen kepala daerah untuk terus memantau langsung segala aspek birokrasi bagi kemudahan perizinan usaha.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan agar pemerintah daerah untuk terus melakukan penguatan kerja sama dengan stakeholder terkait, termasuk dengan pelaku  dunia usaha.

"Saudara-saudara diundang secara khusus untuk meneguhkan komitmen menjaga  citra negara kita sebagai daerah  tujuan investasi," ajak Presiden.

Presiden Jokowi juga mengharapkan para gubernur melalui satuan kerja perangkat daerah untuk memantapkan pelayanan perizinan satu pintu dalam rangka memudahkan calon investor. Pemerintah akan terus mendorong bagi kemudahan dan percepatan pembangunan di sektor dunia usaha.

Baik pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota harus memiliki visi sama  dan terukur dalam upaya mewujudkan kemudahan dan percepatan usaha di daerah.

Pesan penting lain yang disampaikan Presiden Jokowi adalah pentingnya penguatan ekonomi kerakyatan di masing masing daerah dengan cara mendorong pertumbuhan usaha kecil menengah dan kerajinan rumah tangga.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang hadir dalam rapar kerja pemerintah ini, sejak awal rapat kerja terlihat menyimak dan mencermati serius pesan-pesan penting yang disampaikan presiden.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini juga terlihat mencatat pengarahan penting presiden.

Ditemui usai pertemuan, Paman Birin mengatakan pihaknya akan segera mengambil langkah- langkah strategis bagi penyempurnaan kebijakan percepatan pelaksanaan berusaha di daerah, sebagaimana yang diingankan oleh Presiden Jokowi.

"Bersama pemerintah pusat, kami perintah  provinsi terus mendorong kemajuan pembangunan dunia usaha di daerah, khususnya penguatan citra sebagai daerah tujuan investasi" tandasnya.

Gubernur Kalsel juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah pusat atas bantuan-bantuan pembangunan untuk daerah, terutama kebijakan bagi kemudahan berusaha di daerah.(rr/bingkaibanua)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad