IBX5A2DB0A16D0BC Pesona Pantai Parang Tritis di Yogyakarta - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Monday, January 15, 2018

Pesona Pantai Parang Tritis di Yogyakarta

Pantai Parang Tritis merupakan pantai yang cukup terkenal di Yogjakarta. Bahkan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi apabila berlibur ke Yogjakarta. Pesona Pantai Parang Tritis terletak pada pasir pantainya yang berwarna hitam pekat dan bahkan warnanya terlihat seperti abu. Berbeda dengan pantai lainnya memang, yang pasirnya berwarna putih bersih.

Namun di sinilah letak keunikan yang dimikili oleh Pantai Parang Tritis sehingga dikenal baik di antara wisatawan lokal mau pun manca negara. Pantai Parang Tritis sendiri terletak di arah selatan Kota Yogyakarta. Tepatnya berada di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pantai Parang Tritis ini memiliki jarak sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Sementara itu untuk dapat sampai di Pantai Parang Tritis ini sangatlah mudah, karena sudah banyak transportasi dari Kota Yogyakarta menuju Pantai Parang Tritis dan biasanya beroperasi dari mulai pagi hingga sore hari.
Pesona Pantai Parang Tritis di Yogyakarta
Pesona Pantai Parang Tritis di Yogyakarta. (foto: soktau.com)
Pesona Pantai Parang Tritis sendiri terdapat pada legenda yang mengait-ngaitkan Pantai Parang Tritis dengan Ratu Laut Pantai Selatan. Ya, karena memang Pantai Parang Tritis terletak di sepanjang bagian selatan dari Pulau Jawa. Bahkan di daerah Pantai Parang Tritis terdapatHotel yang diberi nama Queen Of The South. Yang konon dibangun untuk menghormati Ratu Pantai Selatan. Karena menurut kepercayaan masyarakat dahulu, Pantai Parang Tritis merupakan pintu masuk menuju kerajaan Ratu Pantai Selatan.

Seperti pantai pantai yang berada di selatan lainnya, banyak mitos yang berkembang bahwa jika menggunakan baju hijau saat pergi ke Pantai Parang Tritis, bahwa orang tersebut akan hilang karena diambil oleh Ratu Pantai Selatan.

Tapi terlepas dari segala macam mitos yang berkembang mengenai Pantai Parang Tritis. Pantai ini memang wajib dikunjungi, memiliki karakteristik pantai selatan dengan ombak yang tinggi dan besar, Pantai Parang Tritis memang tidak dapat digunakan untuk berenang karena sangat berbahaya.

Namun ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menikmati Pesona Pantai Parang Tritis ini. Seerti menaiki andong dan berjalan di sepanjang garis pantai sembari melihat fenomena matahari terbenam. Unik kan? Menikmati sunset dengan cara yang berbeda.

Atau jika ingin menikmati pesona Pantai Parang Tritis dengan cara yang lebih ekstrim lagi, dapat datang lebih pagi untuk merasakan olahraga paralayang dan terbang di atas Pantai Parang Tritis. Selain itu ada olahraga pasir yaitu, sand boarding  yang meluncur menggunakan papan kayu di atas gundukan pasir yang terletak di dekat Pantai Parang Tritis, yang menyerupai gurun-gurun di Afrika.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad