IBX5A2DB0A16D0BC Kontes Durian Biih Diikuti Berbagai Jenis Durian - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, January 10, 2018

Kontes Durian Biih Diikuti Berbagai Jenis Durian

Berbagai jenis durian diperkirakan akan mengikuti Kontes Durian Biih, yang akan berlangsung besok, Kamis, 11 Januari 2018 di desa Biih, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. 

Kalimantan Selatan memang dikenal dengan kekayaan alam yang melimpah dan bernilai ekonomi tinggi bagi masyarakatnya. Salah satunya adalah buah durian. Di berbagai daerah di Kalsel, terdapat banyak sekali variasi buah durian, dengan ratusan nama.

Diantara nama-nama jenis atau varietas durian, yang diperkirakan akan mengikuti Kontes Durian Biih, antara lain, Si Penyangat, Si Pengantin, Si Amas, Si Jukung, Si Taruna, ataupun Si Cupikan.

Selain itu juga ada si Japang, si Dodol, dan si Hijau, si Waluh, si Mentega, serta ada juga durian-durian terbaik seperti Si Lakatan dan si manis dari Pengaron, si gangsing, Si arjuna, si unyil dari Maniapun Pengaron.

Berbagai jenis durian yang mengikuti kontes ini, dinilai berdasarkan ukuran, rasa, ketebalan, warna, dan tekstur buahnya. Para peserta akan memperebutkan hadiah dengan total Rp25 juta. 

Kontes yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, telah membuka pendaftaran sejak tanggal 2 Januari lalu.

Bagi para peserta yang belum sempat mendaftar, masih diberi kesempatan untuk mengikutinya dengan syarat mendaftarkan dirinya seblum kontes durian berlangsung atau sekitar sebelum jam 9.00 wita. 

Dengan berlangsungnya kontes durian ini, diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi Desa Biih yang akan dikembangkan menjadi agrowisata yang akan diberi nama Agrowisata Durian Biih. 

Sebelumnya, Desa Biih telah membuka Wisata Pasar Durian Biih yang membuat Desa Biih ramai dikunjungi masyarakat baik dari dalam maupun luar Provinsi Kalsel bahkan ada yang datang dari Pulau Jawa.

Sebelum kontes berlangsung, desa Biih juga rencananya akan diresmikan sebagai Agrowisata Durian Biih. Dengan kontes durian dan diresmikannya Agrowisata Durian Biih, dapat menjadi daya tarik bagi Kalimantan Selatan dan menjadi salah satu destinasi wisata di Kalsel. 

Salah satu Daerah yang merupakan sentra buah durian di Kalsel adalah Kabupaten Banjar. Ada 6 kecamatan di Kabupaten Banjar yang memiliki variasi  dan populasi terbanyak, yaitu Kecamatan Karang Intan, Simpang Empat, Sambung Makmur, Sungai Pinang, Astambul dan Mataraman.(rr/bingkaibanua).

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad