IBX5A2DB0A16D0BC Gubernur Kalsel Resmikan Desa Bi-ih Sebagai Agrowisata Durian - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 11 Januari 2018

Gubernur Kalsel Resmikan Desa Bi-ih Sebagai Agrowisata Durian

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Ir. Fathurrahman Mengenalkan Si Galuh Sebagai Salah Satu Durian di Desa Bi-ih pada Saat Peresmian Desa Bi-ih Sebagai Agrowisata Durian
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor secara resmi meresmikan Desa Bi-ih sebagai Agrowisata Durian, yang diberi nama Agrowisata Durian Biih. 

Peresmian Desa Biih sebagai Agrowisata Durian, tidak lepas dengan potensi yang dimiliki oleh Biih sebagai penghasil buah durian di Kalsel.

Dengan diresmikannya Desa Bi-ih sebagai Agrowisata Durian, Paman Birin begitua sapaan akrab Gubernur Kalsel, mengharapkan Desa Bi-ih dapat semakin dikenal sebagai Kampung Durian.  

Paman Birin mengingatkan akan pentingnya promosi dalam setiap objek wisata yang ada apalagi objek tersebut baru dibuka atau diresmikan. Dengan promosi yang terus dilakukan, agrowisata durian Bi-ih dapat terus dikembangkan sebagai sebagai alternatif, berkelanjutan, dan berdaya saing.

Paman Birin mengaku bangga dan berterima kasih atas penghormatan yang diberikan oleh masyarakat Desa Biih untuk memberikan nama kepada salah satu durian yang ada di desa Biih, durian tersebut diberi nama Si Galuh Manis oleh Paman Birin. 

“Alhamdulillah, saya diberikan kepercayaan dan kehormatan untuk memberikan nama kepada durian yang ada di Desa Bi-ih, dengan Bismillahirrahmanirrahim, durian ini saya beri nama Si Galuh Manis, karena bentukanya yang kuning dan cantik, sisinyapun juga enak dan manis” ucap Paman Birin yang disambut tepuk tangan oleh semua hadirin.

Dengan hadirnya Si Galuh Manis, menambah berbagai jenis durian yang sudah ada di Kalsel. Sebelumnya sudah ada Si Penyangat, Si Pengantin, Si Amas, Si Jukung, Si Taruna, ataupun Si Cupikan.
Selain itu juga ada si Japang, si Dodol, dan si Hijau, si Waluh, si Mentega, serta ada juga durian-durian terbaik seperti Si Lakatan dan si manis dari Pengaron, si gangsing, Si Arjuna, si unyil dari Maniapun Pengaron.

Sementara itu, Bupati Banjar, KH Khalilurrahman, mengaku bangga akan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Banjar, karena ada beberapa varietas atau jenis durian yang berasal dari Kabupaten Banjar termasuk dalam varietas unggulan nasional.

Khalilurrahman berharap, Agrowisata Durian Biih tidak hanya dapat menjadi destinasi wisata tetapi juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.(rr/bingkaibanua).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad