IBX5A2DB0A16D0BC Asyiknya Jelajahi Lembah Kahung (bagian 2), Temukan Pohon Meranti Raksasa Ciri Khas Hutan Kahung - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, January 30, 2018

Asyiknya Jelajahi Lembah Kahung (bagian 2), Temukan Pohon Meranti Raksasa Ciri Khas Hutan Kahung

Pohon Meranti Raksasa di Hutan Kahung
Hari kedua:

Udara segar khas lereng pegunungan kami dapatkan pagi itu, betul saja karena kami bermalam di shelter 1. Pemandangan pagi itu sungguh menakjubkan. Hamparan tanaman kacang tanah, cabai dan padi milik warga Desa terlihat jelas dan menyegarkan mata yang memandang.

Hasil pertanian dari beberapa tanaman di Desa Belangian ini sangat menjanjikan untuk dikembangkan dan manjadikannya sebagai sumber perekomian masyarakat. Area pertanian warga ini terletak Gunung Hampunit. Yaaa…. Gunung Hapunit merupakan areal lahan pertanian warga Desa Belangian tempat kami menginap di malam pertama ini. Luas lahan ini mencapai 3 Ha dari Gunung Hapunit ditanami warga dengan beberapa tanaman pangan. 

Sekitar pukul 7.30 pagi kami beranjak meninggalkan shelter 1 bersama dengan 2 warga Desa Belangian sebagai guide kami. Mereka menemani kami selama perjalanan hingga airi terjun lembah kahung. Tidak hanya menemani kami, mereka juga ikut membantu membawakan barang kebutuhan kami, terlebih kami juga membawa peralatan drone dan kamera video untuk mengambil visual, dokumentasi di sepanjang perjalanan nanti. 

Berangkat dari shelter 1 dan tujuan kami berikutnya adalah shelter 2 yang berjarak kurang lebih 3,3 Km dari shelter 1. Perjalanan dari shelter 1 menuju ke air terjun Lembah Kahung harus dilalui dengan berjalan kaki.

Kondisi  jalanan yang kami lewati cukup menantang, selain tanjakan dan tanah lumpur juga terdapat sungai dengan aliran arus yang cukup deras. Di tengah perjalanan kami menemukan beberapa flora dan fauna yang unik bahkan hampir punah. Salah satunya pohon Meranti raksasa yang besarnya dapat disamakan apabila 10 orang berjejer di pohon tersebut dan pohon beringin besar. 

“Pohon meranti  ini  luar biasa besarnya, ini yang merupakan ciri khas Kahung, ayooo coba kita berjejer di sepanjang pohon ini” ujar Ketua rombongan kami Kepala Biro Humas dan Protokol yang begitu antusias untuk berfoto sambil mengamati detail batang pohon raksasa itu.

Pohon Besar Lainnya di Hutan Kahung
Selain itu juga terdapat akar-akar raksasa yang memeluk pohonnya sendiri sehingga seperti membentuk batangnya tersendiri. Masih banyak lagi yang bisa ditemukan di sepanjang perjalanan menuju Lembah Kahung.

Setelah sekitar 2 jam perjalanan, kami akhirnya sampai di shelter 2, di sini kami meletakkan beberapa barang bawaan kami karena untuk menuju ke air terjun Lembah Kahung kondisi jalannya lebih ekstrem lagi sehingga tidak disarankan oleh Guide untuk membawa banyak bawaan. Kebetulan 2 orang dari tim tidak bisa melanjutkan perjalanan karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan.

Asyiknya Jelajahi Lembah Kahung <<<(bagian 1)>>> <<<(bagian 2)>>> <<<(bagian 3)>>> <<<(bagian 4)>>>

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad