IBX5A2DB0A16D0BC Satpol PP Damkar Kalsel Gelar Diklat - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 07 Desember 2017

Satpol PP Damkar Kalsel Gelar Diklat

Plt. Kasatpol PP dan Damkar Prov Kalsel, Dahnial Kifli
Banjarbaru – Kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran dalam menghadapi bencana alam terus dilakukan. Kali ini, Satpol PP dan Damkar Kalsel menggelar Pendidikan dan Pelatihan pertolongan pencegahan kebakaran.

Diklat yang diikuti oleh Anggota Satpol PP dan Damkar Kabupaten/kota se Kalsel dan Anggota Satlak/BPK Perwakilan Masing-masing kecamatan pada Kota Banjarmasin dibuka oleh Asisten Pemerintahan Setda Prov Kalsel, Siswansyah, SH MH mewakili Gubernur Kalsel, Selasa (21/11) di Aula H Maksid.

Gubernur Kalsel dalam sambutan tertulisnya mengatakan, hampir setiap musim kemarau tiba, kebakaran hutan dan lahan menjadi masalah, yang menyita energi untuk menanganinya, termasuk energi dan sumberdaya yang digunakan untuk mengendalikan kebakaran hutan dan lahan.

Kebakaran dan lahan ini menjadi perhatian serius Pemprov Kalsel. “Bagaimanapun caranya, pengendalian kebakaran lahan, hutan dan permukiman harus kita upayakan semaksimal mungkin. Bila kita biarkan, dampaknya bukan hanya menimbulkan kerugian harta benda, tetapi juga permasalahan lingkungan, mengakibatkan gangguan kesehatan dan hambatan jalur transportasi, dan bahkan bisa mengganggu investasi” tulis Gubernur.

Gubernur berpesan agar pencegahan kebakaran hutan dan lahan, serta permukiman, semestinya harus direncanakan dengan baik, sehingga kebakaran bisa kita kendalikan sedini mungkin.  Selain itu, Gubernur juga mengatakan pentingnya peran aktif semua pihak dalam mencegah hal-hal yang memicu timbulnya kebakaran, baik dengan cara penyuluhan, kampanye, sosialisasi, penegakkan hukum maupun cara lainya yang dapat mencegah kebakaran.

Hal penting lainnya menurut Gubernur yang perlu dilakukan dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran adalah peran serta masyarakat. Peran masyarakat ini tidak muncul begitu saja, untuk itu Gubernur mengharapkan adanya pendekatan dan komunikasi yang baik, sehingga terbangun suatu pemahaman yang sama terhadap pencegahan dan penanggulangan kebakaran.(humas kalsel/rr/bb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad