IBX5A2DB0A16D0BC Peringati HUT ke 69 Infanteri TNI AD, Paman Birin Jalan Kaki - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Friday, December 22, 2017

Peringati HUT ke 69 Infanteri TNI AD, Paman Birin Jalan Kaki

JALAN KAKI – Paman Birin, Gubernur Kalsel berjalan kaki bersama unsur pimpinan TNI.  Berangkat dari  Makodim 1006 Martapura menuju Lapangan Dr Murjani Banjarbaru untuk menghadiri Peringatan HUT ke 69 Infanteri TNI AD (foto: biro humas dan protokol kalsel)
Banjarbaru – Ada hal yang menarik pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 69 Infanteri TNI AD. Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melakukan ritual jalan kaki dari Kodim 1006 Martapura menuju Lapangan Dr Murjani, Banjarbaru, Selasa (19/12). 

Aksi jalan kaki yang dikenal dengan istilah Peleton Beranting Yudha Wastu Pramukha Jaya itu dilakukan Gubernur Kalimantan Selatan H sahbirin Noor mulai pukul 06.00 Wita bersama dengan Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI teguh Pudjo Rumekso, Danrem 101 Antasari Kol INF Yudianto Putrajaya, Wakapolda Kalsel Kombes Pol Nasri, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Drs H Abdul Haris, MSi serta pasukan dari Batalyon Infanteri 623 dan 621 yang melintasi jalan Ahmad Yani. 

Usai berjalan kaki, Gubernur Kalimantan Selatan yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, kegiatan jalan kaki Peleton Beranting ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun ke 69 Infanteri TNI AD. 

Disampaikan Paman Birin, kegiatan tersebut merupakan tradisi Korps Infanteri yang selalu dilaksanakan menjelang Hari Ulang Tahun Korps Infanteri pada setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan untuk terus memupuk dan meningkatkan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kemanunggalan TNI dengan rakyat .  

Sementara itu, Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso menyampaikan, kegiatan peleton beranting ini dengan terbagi dalam 10 etape dengan jumlah panjang 220 km dan setiap prajurit akan menempuh kurang lebih 22km. 

Menurutnya, pelaksanaan Peleton Beranting ini hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum untuk mewarisi nilai-nilai semangat juang Panglima Besar Jenderal Sudirman yang memiliki sikap dan sifat keteladanan sebagai orang yang rela berkorban, berjuang tanpa pamrih. 

Disampaikan Kasdam, Hari Infanteri ini diawali ketika menghadapi agresi militer Belanda II tanggal 19 desember 1948. Di mana pada saat itu Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan Perintah Kilat No. 1/PB/D/1948 yang ditujukan kepada angkatan perang RI untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu Perintah Siasat No. 1/1948 Tanggal 2 Juni 1948 untuk melawan musuh dengan melaksanakan perang rakyat semesta. 

Dimana pasukan-pasukan yang hijrah melaksanakan infiltrasi dengan cara long mars kembali ke wilayah masing-masing dan membentuk kantong-kantong kekuatan sebagai titik kuat pertempuran gerilya. 

Bentuk dan siasat pertempuran yang digunakan tersebut merupakan  taktik dan strategi prajurit infanteri untuk melanjutkan perjuangan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan. 

“Dari peristiwa tersebut Panglima Besar Jenderal Sudirman telah mewariskan kepada kita tentang nilai-nilai luhur yang tidak akan pernah lekang oleh waktu yaitu ketokohan, patriotism, militansi, kejuangan, profesionalisme, pantang menyerah dan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang akan selalu terpatri dalam jiwa, sikap dan tindakan setiap prajurit infanteri,” sebutnya.   

Disampaikanya, peringatan Hari Infanteri tahun 2017 mengangkat tema dilandasi semangat Yuddha Wastu Pramukha Prajurit Infanteri bersama rakyat, kuat, mandiri, dan berkepribadian guna memperkokoh kemanunggalan TNI Rakyat. 

“Tema tersebut mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan infanteri untuk menjadi professional, moderndan militant, sebagai petarung yang handal dalam pertempuran. Makna tersebut juga memancarkan semangat pengabdian dan perjuangan tanpa akhir untuk terus memperkokoh kemanunggalannya dengan rakyat serta membangun sinergitas dengan segenap komponen bangsa lainnya sebagai kekuatan bela Negara dalam sistem pertahanan semesta,” ucapnya. 

Di hari yang sama , Sekrestaris Daerah Provinsi Kalsel Drs H Abdul Haris Makkie, MSi, juga menghadiri sekaligus menjadi  Inspektur Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2017, di Halaman Kantor Gubernur Kalsel, Jl Jenderal Sudirman Banjarmasin.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad