IBX5A2DB0A16D0BC Ketua PKK Kalsel Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit di Musim Hujan - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 01 Desember 2017

Ketua PKK Kalsel Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit di Musim Hujan

Ketua TP PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin, SKM
bingkaibanua.com Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Raudathul Jannah Sahbirin, SKM mengimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk mewaspadai kerentanan penyakit di musim hujan sekarang.

“Pencegahan paling efektif mengantisipasi kerawanan penyakit di musim hujan adalah dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan serta rutin membersihkan tempat-tempat rawan berkembangnya kuman penyakit,”  tutur Hj Raudhatul Jannah, Kamis (30/11/2017).

Menurut Acil Odah sapaan Ketua TP PKK Kalsel, sejumlah penyakit yang cukup rawan menyerang pada saat musim hujan adalah, diare, penyakit kulit, flu  atau  demam berdarah.  

Sedang tempat-tempat rawan berkembangnya bakteri adalah halaman pekarangan, bak mandi atau toilet serta tempat-tempat  yang menjadi  genangan air.  

Perkembangan virus penyakit tersebut dengan cepat menular kepada siapa saja, terlebih mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Pasalnya,  kuman- kuman atau bakteri mudah menempel pada makanan, tempat-tempat lembab dan pakaian.

Raudathul Jannah mengingatkan, jika ada masyarakat yang mengidap penyakit tersebut di atas,  apalagi  demam berdarah dengue (DBD) segera bawa ke puskesmas atau rumah sakit.

Sebab, penyakit DBD rawan menular dan bila tidak ditangani segera,  bisa berisiko vatal bagi penderita. Minimal keluarga harus mengetahui  gejala atau tanda tandanya. Misalnya, suhu badan naik turun, ada bintik bintik merah pada kulit atau paling diwaspadai adalah pada bagian hidung penderita meneteskan darah segar.

Bagi mereka yang memiliki anak balita,  lanjut HJ Raudhatul Jannah, penting untuk selalu memeriksakan kesehatan ibu dan anaknya ke pos pelayanan terpadu atau puskesmas secara rutin.

“Manfaatkan pelayanan kesehatan gratis di posyandu atau puskesmas. Dari tempat kesehatan dasar ini biasanya akan cepat terdeteksi semua penyakit yang mungkin dialami anak kita,” anjurnya. 

Bagi petugas medis di semua tingkatan, puskesmas, posyandu, balai-balai pengobatan ataupun rumah sakit pemerintah maupun swasta, istri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor ini mengimbau untuk memberikan pelayanan terbak kepada masyarakat.(humas kalsel/rr/bb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad