IBX5A2DB0A16D0BC Inilah Cara Buat Pembangkit Listrik Sederhana - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Monday, December 18, 2017

Inilah Cara Buat Pembangkit Listrik Sederhana

Cara buat pembangkit listrik sederhana – Perlu diketahui bersama bahwa energi listrik merupakan gabungan muatan listrik yang berhubungan bersama untuk menghasilkan kekuatan dan terus bergerak dari muatan negatif ke muatan positif. Aliran muatan listrik akan menghasilkan arus listrik dan akan menghasilkan listrik. Arus listrik ini terus mengalir dari muatan positif ke negatif, dengan kata lain arah gerakan muatan berlawanan dengan arah pergerakan arus listrik.

Energi yang dihasilkan bisa datang dari berbagai sumber, seperti air, minyak, batu bara, angin, panas bumi, nuklir, solar, dan lain-lain. Energi ini besar dari beberapa Joule sampai ribuan juta Joule. Listrik sangat penting bagi aktivitas kehidupan manusia, kita tidak bisa lepas dari peran listrik. Listrik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti, menyalakan televisi, kulkas, laptop atau komputer dan perangkat elektronik lainnya. Sejauh ini, kita hanya menggunakan listrik tapi kita tidak pernah memikirkan dimana listrik yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari muncul? 

Nah, pada kesempatan ini kami ingin membahas tentang cara buat pembangkit listrik sederhana. Alat dan bahan yang digunakan sangat mudah didapat. Pembangkit listrik sederhana ini merupakan salah satu bentuk penerapan konsep "Induksi Elektromagnetik"). Bahan yang digunakan untuk membuat pembangkit listrik sederhana ini adalah dinamo kecil dengan voltase 12 volt. Dinamo kecil ini mudah didapat, biasanya ditemukan di mobil mainan anak-anak. Selain itu Anda juga harus menyediakan Papan kayu, 4 kaset CD, 2aret gelang, sandal karet bekas, dinamo tamiya 12 Volt, kabel ukuran kecil, ldan lampu LED.

Langkah tentang cara buat pembangkit listrik sederhana ini yakni sebagai berikut. Pertama, Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat pembangkit listrik sederhana. kedua, potong papan sebagai tempat dudukan, kemudian sesuaikan ukuran sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa juga untuk membuat tiang yang mendukung lingkaran kayu. Jika papan sebagai dudukan dan tiang penyangga telah dibuat, silahkan membuat pemutar lingkaran yang terbuat dari 2 buah kaset CD bekas dan di dalamnya juga dibuat lagi sebuah lingkaran dari sandal karet.

Lingkaran sandal karet ini digunakan sebagai pemutar lingkaran. Apabila sudah, silahkan pasang dengan paku. Kemudian langkah selanjutnya tentang cara buat pembangkit listrik sederhana yakni, letakkan dinamo dan kabel yang terhubung ke LED. Kemudian hubungkan player 1 dengan 2 dengan karet gelang, jangan lupa juga hubungkan ke dinamo.  Itulah penjelasan tentang cara buat pembangkit listrik sederhana, semoga yang kami uraiakan bisa Anda pahami dan bisa Anda terapkan.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad