IBX5A2DB0A16D0BC Dishut Kalsel Gelar Temu Usaha Kehutanan - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 03 Desember 2017

Dishut Kalsel Gelar Temu Usaha Kehutanan

Bingkaibanua.com Banjarbaru - Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel menggelar Temu Usaha Kehutanan dengan para mitra kerja dan penandatanganan nota kesepahaman pemanfaatan pengembangan produk kehutanan pada KPH di lingkungan Pemprov Kalsel, Rabu (29/11/2017).

Dalam acara berlangsung di Hotel Novotel Banjarbaru, dihadiri Sekretaris Daerah Kalsel,  Drs H Abdul Haris, MSi dan pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, juga digelar Dialog Kebijakan dan Pengelolaan Kehutanan dari beberapa narasumber ahli. 

Mereka adalah Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel  Dr H Hanif Faisol Nurofiq mengangkat tema Kebijakan Kehutanan Provinsi Kalsel, Sekditjen PHPL, Arah Kebijakan Pengelolaan Produksi Lestari dan dai Badan Layanan Umum Pusat Pembiyaan Pembangunan Hutan Kementerian LHH, tema Pembiyaan Fasilitasi Dana Bergulir untuk Usaha kehutanan Pada Kesatuan Pengelolaan Hutan.

Review hasil dialog merekomendasikan penguatan sinergitas antara pemerintah, pelaku usaha kehutanan dan masyarakat merupakan pondasi utama menjaga kelestarian hutan baik dalam pengaturan pengelolaan dan rambu-rambu aturan yang harus diketahui masyarakat kehutanan termasuk para pelaku usaha kehutanan.

Menurut Kadishut Kalsel Dr H Faisol Nurofiq, tujun digelarnya Temua Usaha Kehutanan dalam rangka menyamakan persepsi terkait pemahaman kebijakan –kebijakan pengelolaan dan pemanfaatan hutan.

“Tujuan lain adalah menghimpun aspirasi dan media solusi persoalan terkait tata kelola kehutanan. Semua akan dirembukan dan diakhir dengan rekomendasi solusi kendala,” tandasnya.

Hanif berharap temu usaha kehutanan ini akan menghasilkan rumusan rumusan penting tata kelola kehutanan dengan tetap mengkedepankan aspek legalitas dan kelestarian lingkungan.

Sementara itu Sekdaprov Kalsel Drs H Abdul Haris, MSi menekankan, pentingnya ketaatan terhadap peraturan pemerntah terkait pengelolaan dan pemanfaatan hutan.

Dinas Kehuatan berserta organisasi mitra kehutanan harus saling melengkapi dan sinergi dalam memantapkan tata kelola dan pemanfaatan kehutanan.

“Konsep pengelolaan hutan oleh rakyat sudah cukup baik dan perlu mendapat dukungan luas berbagai stake holder terkait. Prinsipnya pemerintah provinsi mendukung kegiatan temu usaha kehutanan,” ucapnya.(humas kalsel/bb)

Baca Juga:

Revolusi Hijau: Jalan Di Kalsel Bakal Semakin Hijau

Peringatan Hari Bakti Rimbawan di Kalsel Terbaik Se Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad