IBX5A2DB0A16D0BC Menteri Pertanian Panen Padi di Hulu Sungai Selatan - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 21 November 2017

Menteri Pertanian Panen Padi di Hulu Sungai Selatan

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman saat Panen Padi di Kabupaten HSS Kalsel
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman saat Panen Padi di Kabupaten HSS Kalsel
Kandangan,  Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman melakukan panen padi Lahan Lebak, di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, tepatnya di Desa Banua Hanyar, Kecamatan Daha Daha Selatan, Rabu (15/11/2017) pagi.

Mentan Andi Amran secara spontan meminta para petani dan dinas terkait membentuk gerakan briade pertanian dan menurunkan 14 eksavator untuk ikut bersama menggarap lahan pertanian tersebut.

Bahkan menteri pertanian terlihat tidak canggung dan rela berbasah-basahan dalam kegiatan syukuran panen padi di lahan lebak. "Tidak mengapa berbasah basah demi untuk kesejahteraan petani," kata Menteri didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Provinsi Kalimantan Selatan, H Faturrahman  bersama Bupati HSS Achmad Fikry.

Amran mengaku bangga berada di lahan sawah terbaik saat ini. Karena seolah-olah seperti pulang kampung sendiri. Dijelaskan pihak Kementerian Pertanian akan memberikan bantuan bagi petani di Desa Banua Hanyar berupa traktor roda dua dan roda empat, excavator serta benih bagi petani.

"Bantuan ini akan dikirikim dalam waktu dekat. Diusahakan satu atau dua minggu sudah sampai di sini," katanya. Total bantuan yang diberikan lebih dari Rp6 miliar, diharapkan Pemerintah Kabupaten HSS bekerja sama dengan pihak terkait untuk membuka dan mengolah lahan. Dalam kesempatan ini menteri menyerahkan tiga ribu kilogram bibit padi varitas baru untuk kelompok tani Suka Maju Desa Banua Hanyar.

Bupati HSS H Achmad Fikry melaporkan upaya khusus peningkatan produksi padi jagung dan kedele di HSS berjalan dengan baik. Dan lahan dialiri irigasi HSS sudah panen tiga kali dalam setahun.

"Namun saat ini untuk penyuluh pertanian tiap tahun berkurang karena ada pegawai pensiun," katanya   saat memberikan sambutan syukuran padi di lahan lebak.(humas kalsel/bb)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad