Rakor Kehumasan Perkenalkan Jurnalistik Pemerintahan - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 29 September 2017

Rakor Kehumasan Perkenalkan Jurnalistik Pemerintahan

REVITALISASI- Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel menggelar Rapat Koordinasi Kehumasan melibatkan humas dari kabupaten/kota se Kalsel, di Ruang Rapat H Aberani Sulaiman, Kamis (14/9/2017)
REVITALISASI- Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel menggelar Rapat Koordinasi Kehumasan melibatkan humas dari kabupaten/kota se Kalsel, di Ruang Rapat H Aberani Sulaiman, Kamis (14/9/2017) 
Banjarbaru- Rapat Koordinasi Kehumasan 2017, berlangsung Kamis (14/9/2017), diinisiasi Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel, mengusung Tema Revitalisasi Kehumasan Dalam Rangka Optimalisasi Kinerja Kehumasan, mendapat apresiasi tinggi dari peserta dari berbagai latar profesi yang berhadir.

Selain menghadirkan pakar ahli di bidang komunikasi media, dalam rapat koordinasi berlangsung di Ruang H Aberani Sulaiman Kantor Setdaprov Kalsel, di Banjarbaru, juga digelar pelatihan teknik menulis jurnalistik pemerintahan.

“Paling membuat kami apresiasi adalah informasi atau pengalaman baru terkait pengunaan bahasa jurnalistik pemerintahan. Pelatihan ini sangat bermanfat bagi pegawai humas dalam merilis berita kegiatan pimpinan daerah,” ucap Gusti Reza, perwakilan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Banjar.

Menurut Reza, pelatihan melalui rapat koordinasi sebagaimana program Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel dengan materi pembelajaran menulis jurnalistik ilmu pemerintahan tergolong baru.

Pasalnya, sering kali Humas Kabupaten/Kota kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan setelah menghimpun data kegiatan pemerintahan daerah. Rumusan pemberitaan yang kami pedomani hanya pada standar umum dengan menerapkan 5 W + 1 H.

“Pada pembelajaran diinisiasi Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel materi disisipi dengan teknik menulis berita jurnalistik pemerintahan,” tandasnya seraya mengatakan sebuah metode baru dalam bidang ilmu jurnalistik.

Peserta berharap kegiatan tersebut lebih sering diadakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan peserta di samping sebagai media penguatan koordinasi.

Di sisi lain, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dalam sambutan dibacakan Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, H Sugian Noorbah mengharapkan rapat koordinasi yang diselenggarakan memberikan nilai multi manfaat. Artinya kegiatan tidak hanya sebagai media silaturahmi tetapi mampu meningkatkan profesionalisme pegawai humas dalam melaksanakan tugas.

“Kita menyambut baik kegiatan rakor dan edukasi kehumasan sebagai media meningkatkan peran humas dalam melaksanakan tugas. Saya berharap kegiatan ini menghasilkan edukasi ilmu baru bagi peserta,” tulis gubernur.

Sementara itu Pakar Kehumasan dan Media, H Kamarul Hidayat, selaku narasumber utama mengingatkan peran dan fungsi humas ke depan semakin berat. Ini seiring dengan kompleksitas dan tuntutan masyarakat terhadap lembaga birokrasi, terutama di tingkat pemerintahan daerah.

Tokoh senior media ini menekankan, insan kehumasan penting meningkatkan pengayaan wawasan tentang perkembangan terbaru kehumasan. Salah satunya adalah teknik menulis jurnalistik pemerintahan. * (humas kalsel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad