Gubernur Kalsel: Praktek Pungli Melemahkan Daya Saing Bangsa - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 21 September 2017

Gubernur Kalsel: Praktek Pungli Melemahkan Daya Saing Bangsa

SOSIALISASI - Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor memukul gong sebagai tanda  dimulainya secara resmi Sosialisasi Perpres No 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar,  di Hotel Novotel Banjarbaru, Selasa (19/9/2017).
SOSIALISASI - Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor memukul gong sebagai tanda  dimulainya secara resmi Sosialisasi Perpres No 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar,  di Hotel Novotel Banjarbaru, Selasa (19/9/2017).  
Banjarbaru- Gubernur Kalimantan Selatan,  H Sahbirin Noor,  mengapresiasi gerak cepat Presiden Republik  Indonesia,  Joko Widodo  dalam upaya mencegah dan memberantas  praktek pungutan liar (pungli) baik di tingkat daerah maupun pusat.

Diutarakan gubernur, gerak cepat kepala negara tersebut dalam upaya mencegah dan memerangi praktek pungli  dibuktikan dengan  terbitnya  Peraturan Presiden (Perpres) No 87 Tahun 2016, -- tentang Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar, --. 

"Implementasi perpres tersebut terbukti efektif mencegah maupun memberikan efek jera bagi aparat pemerintah yang terbukti melakukan pungutan liar.  Sejak pembentukan Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar,  banyak elemen masyarakat yang mengapresiasi kinerja Tim Saber Pungli,"  papar H Sahbirin Noor, saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Perpres No 87/2016 tentang Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar, Selasa (19/9/2017) pagi.

Pada sosialisasi berlangsung di Hotel Novotel Banjarbaru itu dengan  menghadirikan berbagai elemen terkait seperti  aparat penegak hukum,  organisasi sosial kemasyarakatan, legislatif, perguruan tinggi dan pejabat pemerintahan  daerah,  gubernur terus mengingatkan seluruh aparat di jajarannya untuk menghindari dan menjauhi praktek pungutan liar dalam bentuk apapun.

Gubernur kelahiran 12 November 1967 ini berharap seluruh aparatur di jajaran untuk menjadikan pelajaran berharga dari berbagai kasus-kasus korupsi atau pungli yang telah terjadi. Dampaknya sungguh luar biasa terutama akan menjadi beban  bagi keluarga maupun orang-orang yang selama ini berjasa dalam kehidupan kita. 

Kepala daerah akrab disapa Paman Birin ini mengatakan,  praktek pungli akan melemahkan kemampuan daya saing bangsa terutama dalam persaingan antarnegara. Demikian pula dalam skala daerah, praktek pungli menjadi salah satu sebab terhambatnya pelayanan publik hingga merugikan masyarakat  serta menghambat percepatan pembangunan daerah.

Dalam bagian lain sambutanya, Paman Birin mengapresiasi  sinergitas Tim Saber Pungli dalam melaksanakan tugas. Tanpa sinergitas atau gotong royong sebaik apapaun perangkat aturan yang dibuat pemerintah, pada tahap pelaksanaan tidak akan berjalan sesuai harapan.

"Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sangat mengapresiasi tugas mulia Tim Saber Pungli.  Semua pihak harus mendukung dan berpartisipasi sebagai wujud  mendukung cita-cita pembangunan nasional menuju masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur,"  tandas gubernur.

Sementara itu  Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Pusat Dwi Prijatno dalam sambutan tertulis dibacakan Shadiq,  Kapokja Intelejen,   menuliskan, presiden menerbitkan Perpres No 87/2016  dengan pertimbangan praktek pungli telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara . Sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu efekti efisien dan mampu menimbulkan efek jera.

"Satgas Saber Pungli mempuyai tugas melaksanakan pemberantasan pungli secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan personil, sagtuan kerja dan sarana prasarana, baik yang berada di tingkat kementerian negara/lembaga maupun pemerintah daerah," jelasnya. *(humas kalsel)

2 komentar:

  1. Hilangkan pungli... jangan sampai jadi budaya...
    Jika terjadi di pln, bisa komplain di aplikasi pln mbile.. baca https://ahadweb.com/aplikasi-pln-mobile-android/

    BalasHapus
  2. siap, salam kompak. sukses Tim Saber Pungli

    BalasHapus

Post Top Ad