MoU DPMPTSP Kalsel dengan Himpikimdo: Besarkan Kalsel dengan Kemajuan UMKM - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 29 September 2017

MoU DPMPTSP Kalsel dengan Himpikimdo: Besarkan Kalsel dengan Kemajuan UMKM

KERJA SAMA- Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalsel Ir H Nafarin melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah, Rabu (20/9/2017). foto: dpmptsp prov kalsel.
Banjarbaru – Ketua Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Himpikimdo) Kalimantan Selatan, Dra Asmah Darkani, mengapresiasi terobosan dan inovatif Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalsel , dalam menjalin sinergitas dengan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal tersebut diutarakan Asmah Darkani di sela penandatanganan Surat Kesepakatan Kemitraan antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Selatan dengan pihak Asosiasi dan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, Banjarbaru, Rabu (20/9/2017).

"Atasnama pelaku UMKM di daerah ini kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi atas komitmen mendorong kemajuan usaha di daerah," ucapnya.

Di sisi lain, Himpikimdo juga berharap kerja sama seperti ini terus dilanjutan dan jangan sampai terhenti di tengah jalan atau jangan sampai hanya ada di atas kertas saja.

Himpikimdo berharap UMKM di Kalsel seperti Surabaya, Bandung, Jogja. Di daerah tersebut usahanya menggeliat. Paling penting lagi adalah adanya partisipasi segenap komponen masyarakat turut membesarkan Kalimantan Selatan dengan UMKM.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Selatan Ir H Nafarin, MP mengatakan kegiatan penandatanganan ini merupakan salah satu langkah strategis pihaknya dalam rangka mendorong kemitraan dalam hal ini percepatan pengembangan UMKM.

“Salah satu dari tugas kami adalah untuk mendorong adanya kemitraan. Ke depan pola kemitraan ini akan lebih luas cakupanya yakni kemitraan dengan provinsi lainya di Indonesia,” ucapnya. 

Dirinya mengaku pada saat ini pihaknya  tengah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Provinsi Jawa barat dan Jawa Timur, terkait pengembangan produk UMKM yakni Sasirangan dan Batu Permata.

“Alhamdulillah kami tengah melakukan penjajakan, ada mitra kita dari luar Kalimantan, dalam hal ini Jawa Barat dan Jawa Timur sudah berkenan untuk menjadi mitra kita nanti. Kami berharap sesegaranya untuk bisa di realisasikan ini juga menjadi tugas kami untuk merealisasikan,” ucapnya.

Diterangkan, kemitraan dengan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur tersebut dalam rangka pengembangan produk seperti ketersediaan bahan baku yang lebih murah dan pemasaran yang lebih luas hingga ke luar negeri.

Nafarin mengatakan, tahun ini pihaknya telah menjalin kemitraan dengan pihak terkait dan telah masuk pada tahap kerjasama dengan Asosiasi Himpikimdo, Kelompok Usaha Sasirangan dan Pengrajin Batu Permata. *(Humas Kalsel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad