Kalsel Daerah Prioritas Bantuan Pasca Bencana - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 06 September 2017

Kalsel Daerah Prioritas Bantuan Pasca Bencana

Kalsel Daerah Prioritas Bantuan Pasca Bencana
Kalsel Daerah Prioritas Bantuan Pasca Bencana
Banjarbaru- Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) termasuk salah satu daerah prioritas yang mendapatkan bantuan pemerintah di bidang penanggulangan bencana, terutama  di bidang rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana. 

Salah satu penilaian pusat memprioritaskan daerah berpenduduk 4.119.794 jiwa itu didasari terukurnya sinergitas antarinstansi terutama dari kepala daerah dalam implementasi kebijakan penanggulangan bencana.

“Kalsel untuk tahun anggaran 2017 mendapatkan bantuan hibah sebesar Rp 40, 7 miliar untuk kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana,” terang Ir Harmansyah, SE, MM, Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Selasa (5/9) siang.

Kedatangan pejabat BNPB ke Kalsel dalam rangka melakukan monitoring pelaksanaan bantuan hibah dari pemerintah untuk kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

Dijelaskan Harmansyah,  alokasi anggaran bantuan hibah sebesar Rp40,7 miliar tersebut hanya untuk empat daerah kabupaten di Kalsel. Dirincikan,  bantuan untuk Kabupaten Batola sebesar Rp 16 miliar, Kabupaten Banjar Rp15 miliar, Tanah Bumbu Rp3,9 miliar dan Kabupaten Tanah Laut Rp 5,8 miliar. 

“Bantuan pemerintah tersebut hanya untuk bidang rehabilitasi dan rekonstruksi setelah sebelumnya menerima kajian proposal dari daerah. Sedangkan bantuan bidang lainnya seperti penanganan kebakaran hutan dan lahan ada bidang lain di BNPB yang menangani,” jelasnya.

Mekanisme penyaluran dana bantuan diserahkan ke kabupaten penerima bantuan, setelah sebelumnya mendapat rekomendasi pesetujuan dari Gubernur Kalsel melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalsel. 

Melalui bantuan pascabencana tersebut, sebut Harmansyah, bertujuan untuk membantu pemerintah daerah agar bisa dengan cepat mengambil langkah –langkah atau upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pacsa musibah.

Dana tersebut bisa diperuntukan untuk pembangunan sarana sarana vital masyarakat yang rusak berat akibat musibah bencana seperti banjir. Misalnya saja untuk pembuatan jalan pertanian atau sarana lain yang hancur akibat bencana.

Harmansyah mengapresiasi sinergitas pencegahan maupun penanganan bencana oleh Pemprov Kalsel bersama kabupaten/kota serta stake holder terkait  dengan melibatkan semua komponen masyarakat.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Drs H Mahyudin melalui Kabid Rekonstruksi dan Rehabilitasi, Nur Hifni, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Syahruddin didampingi Kepala BPBD Banjar H Sunarto dan Saefuddin Dinarja Kasubid Kedaruratan Kalsel, mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi atas kepedulian pemerintah dalam merespon aspirasi usulan bantuan penanggulangan bencana di daerah. *(humprokalsel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad