Wagub Ajak Masyarakat Promosikan Wisata Kalsel - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 26 Agustus 2017

Wagub Ajak Masyarakat Promosikan Wisata Kalsel

Wakil Gubernu Kalsel H Rudy Resnawan Beserta Isteri
Saat Mengunjungi Salah Satu Stand Festival Budaya Pasar Terapung 2017
Banjarmasin - Kalimantan Selatan memiliki beragam kebudayaan, kuliner, dan objek wisata yang layak untuk dipromosikan ke seluruh penjuru nusantara hingga mancanegara.

Keragama tersebut terlihat dari kemeriahan Festival Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalimantan Selatan dan Festival Budaya Pasar Terapung 2017, yang dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan, Jum’at (25/08) malam di Depan Kantor Gubernur Kalsel.

Wagub mengatakan, festival yang rutin diselenggarakan oleh pemrpov kalsel dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan, juga termasuk dalam even kalender wisata nasional.


Wagub tentunya mengharapkan, festival ini harus semakin meriah dari tahun ke tahun. Ia pun meyakini, festival kali ini akan lebih meriah dan lebih banyak menyedot wisatawan, baik dari dalam maupun  luar negeri.

Terlebih dalam festival ini, selain menampilkan beragam kebudayaan dan budaya pasar terapung yang menjadi ikon Kalimantan Selatan. Juga digelar Kalsel Food Festival yang menyajikan beragam kuliner khas daerah Kalsel yang tersebar di 13 kabupaten/kota.

Seperti, Nasi Itik Gambut ala Mama Baiti, Bingka Bunda, Kacang Bagula ala Acil Imai, Apam Barabai, Kelepon Buntut by Bukhari, Dodol dan Katupat Kandangan, Mie Bancir ala Agus Sasirangan, Itik Panggang Amuntai, Soto Banjar ala Bang Amat, Bolu Gulung, Wadai 41 macam ala Warung Isau, serta berbagai oleh-oleh khas Kalsel lainnya dan juga akan dihibur oleh artis ibu kota, seperti Virgoun pelantun single Surat Kecil untuk Starla dan Endah KDI.

“Ada hal yang menarik menurut saya dalam festival budaya pasar terapung kali ini, yaitu adanya Kalsel Food Festival yang menghadirkan kuliner-kuliner khas Kalsel. Mungkin karena keterbatasan waktu dan jarak yang jauh, membuat kita tidak sempat untuk merasakan kuliner khas tersebut. Ini adalah kesempatan untuk menikmati kuliner-kuliner tersebut, karena kuliner tersebut hadir di festival budaya pasar terapung 2017” ucap Wagub.

Sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas dari pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, untuk terus dikembangkan. Karena sektor pariwisata merupakan potensi ekonomi yang luar biasa, pariwsata juga merupakan industri, penggerak perekonomian kerakyatan, serta dapat menjadi sumber ekonomi bagi pembangunan daerah.

Untuk itu, Wagub mengajak kepada semua elemen masyarakat, khsususnya para pemuda untuk terlibat dalam memajukan pariwisata di Kalsel. Terutama dalam hal promosi, Wagub mengajak untuk bersama-sama mempromosikan keragaman budaya, kuliner, dan objek wisata yang dimiliki oleh Kalsel, sehingga dapat dikenal oleh masayarakat luas.

“saya mengajak kepada semua elemen masyarakat, terutama para pemuda, manfaatkan kemajuan teknologi informasi, mari kita promosikan, kenalakan keragaman budaya, kuliner, dan objek wisata Kalsel, baik itu melalui media sosial, seperti facebook, twitter, instagram, youtube, dan lain sebagainya. Karena kemajuan pariwisata merupakan tanggungjawab kita bersama” ajak Wagub.

Pria yang pernah menjabat sebagai Walikota Banjarbaru selama dua periode ini mengaku selalu memakai baju Sasirangan, diberbagai kesempatan dalam acara maupun event-event Nasional.

“dalam acara maupun event-event nasional, saya selalu memakai baju Sasirangan. Dan saya sering mengatakan kepada para tamu yang berkunjung ke Kalsel, belum afdal kalau tidak membeli kain sasirangan. Ini adalah salah satu contoh saja, bagaimana kita mempromosikan hasil karya maupun potensi yang kita miliki” tambah Wagub.

Dalam gelaran yang berlangsung sejak tadi malam (jum’at malam) hingga tanggal 30 nanti, masyarakat Kalsel dan para wisatawan akan disuguhkan berbagai kegiatan lainnya. Seperti  Kalsel Sasirangan Fashion Week, Pawai Budaya Dan Fashion Carnaval, berbagai lomba seperti lomba fotografi, lomba kampung banjar, lomba memasak, dan lomba jukung tradisional Lokbaintan yang merupakan salah satu tempat asal pasar terapung.(rr/bingkaibanua)

#Bergerak
#AyoKeKalsel

baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad