Penyuluh KB Berperan Lahirkan Keluarga Sejahtera - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 02 Agustus 2017

Penyuluh KB Berperan Lahirkan Keluarga Sejahtera

HARGANAS- Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan istri menghadiri Peringatan HARGANAS ke XXIV, di Kota Rantau, Kabupaten Tapin, Senin (31/7).
RANTAU - Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor,  mengatakan,  peran Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) sangat diharapkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Momen Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke XXIV Tahun 2017 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dan penandatangan berita acara perubahan status pegawai penyuluh dari daerah ke pusat, adalah momentum penting  upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, " papar  H Sahbirin Noor, Senin (31/7), di Taman Siring Rantau Baru, Kabupaten Tapin. 

Menurutnya, manajemen perencanaan keluarga menjadi salah satu kunci fundamental menuju Indonesia sejahtera. Dari sinilah peran penyuluh KB dan kependudukan mededikasikan tugas membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam arti luas. 

Hadir bersama Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor, pemimpin akrab disapa Paman Birin ini juga mengajak stakeholder terkait turut berperan aktif mengkampayekan program-program keluarga berencana.

Upaya bersama meningkatkan kesejahteraan keluarga, sebut Paman Birin, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga harus dibantu lembaga non formal  lain di luar pemerintahan.

Peran PKK dan organisasi sosial lainnya juga sangat membantu mempercepat visi pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat. Untuk mewujudkan hal tersebut, di awali dari pola asuh dan pendidikan dari keluarga sebagai bagian masyarakat terkecil dalam sebuah negara.

Di acara yang sama, gubernur  dan istri juga mengahdiri Pencanangan TNI Manunggal KB KES (TMKK), Kesatuan Gerak PKK KB KES Bhakti Ibu KB KES serta mengunjungi stand-stand pameran PKK dari Kabupaten/ Kota se Kalsel, di Siring Rantau Baru.  

Setelah menghadiri Peringatan Harganas, Gubernur beserta Ibu melanjutkan peninjauan ke Kampung KB Di Desa Sungai Bahalang Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin. 

Program Kampung KB juga merupakan amanah dari Nawacita Presiden Joko Widodo yang ketiga dan kelima,  yakni membangun Indonesia dari pinggiran dan kualitas hidup. Setelah itu Ibu Ketua TP PKK  Kalsel  menghadiri   Pertemuan 4 Bulanan TP PKK Prov Kalsel dengan TP PKK Kab/Kota di Kabupaten Tapin. 

Sementara itu Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Pusat ,  Ir Ambar menjelaskan, speralihan statut penyuluh KB dari pegawai daerah menjadi pegawai pusat terhitung 1 Januari 2018. 

“Penyuluh KKBPK yang nantinya menjadi pegawai pusat akan tetap menjalankan tugasnya sesuai porsi di daerah. Sebab bagaimanapun tanggungjawabnya tetap berada di daerah dan harus lebih baik kualitasnya walaupun menyandang status pegawai pusat “ ucap Ambar. (bdm/dev/humaskalsel)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad