Kader PKK Dilatih Pemanfaatan Limbah - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 08 Agustus 2017

Kader PKK Dilatih Pemanfaatan Limbah

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor
Memberikan Arahan Dalam Pelatihan Pemanfaatan Limbah oleh TP PKK Prov Kalsel (foto: humpro Kalsel)
BANJARMASIN-  Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan,  terus  melakukan inovasi program kreatif bagi  upaya peningkatan kesejahteraan keluarga kader di tingkat kabupaten/kota. 

Salah satu caranya adalah dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada  kader  perwakilan kabupaten/kota tentang cara pengolahan bahan limbah sampah untuk dimanfaatkan agar bernilai ekonomis.

Seperti pada Kegiatan  Pelatihan Pemanfaatan Limbah berlangsung selama dua hari mulai Senin sampai Selasa, 7- 8 Agutus 2017, di Gedung Graha Abdi Persada Banjarmasin,  Jl Jenderal Sudirman, Kelurahan Pasar Lama.

Hebatnya lagi narasumber selaku pemberi materi dan praktek daur ulang pemanfaatan limbah adalah dari TP PKK Pusat , berprofesi ahli di bidang lingkungan yakni Drs Johan Sukmono.

"Diklat pengolahan limbah untuk didaur ulang menjadi barang bernilai ekonomis adalah sebuah kegiatan luar biasa dan bernilai ibadah. Selain bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi keluarga juga mampu menyelamatkan lingkungan," kata Gubernur H Sahbirin Noor, saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pelatihan.

Menurut pria yang akrab disapa Paman Birin ini, pelatihan mendaur ulang dengan memanfaatkan limbah rumah tangga untuk diproduksi ulang hingga bisa bernilai ekonomi sebuah pekerjaan ramah lingkungan.

"Pelatihan ini jika dilihat dari program kegiatan bisa dikatakan cukup sederhana. Tetapi jika dilihat dari aspek manfaat sungguh luar biasa," tandasnya seraya mengungkapkan apresiasi terhadap kegiatan pengolahan limbah dari TP PKK Provinsi Kalsel.

Paman Birin berharap peserta yang telah mengikuti pelatihan agar mensosialisasikan ulang  kepada kader PKK lain atau di lingkungan masyarakat sekitar. Tujuannnya, edukasi lingkungan tetap berlanjut di samping memberikan nilai tambah bagi peningkatan ekonomi keluarga.

Gubernur juga berharap TP PKK Kalsel dan Kabupaten/Kota untuk tetap sinergi melakukan kegiatan-kegiatan atau program kerja bagi upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan penguatan keramahan lingkungan.

Sementara itu Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah berharap usai kegiatan para kader bisa mempraktekan di lingkungan masyarakat tempat tinggal masing-masing.

"Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat terutama para kader sebagai edukasi untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan," ucapnya. (bdm/end/humaskalsel)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad