Gubernur Canangkan Kampung Siaga Bencana - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 07 Agustus 2017

Gubernur Canangkan Kampung Siaga Bencana

Gubernur Canangkan Kampung Siaga Bencana
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Canangkan Kampung Siaga Bencana
Banjarbaru – upaya menanggulangi bencana terus dilakukan oleh pemerintah provinsi. Upaya ini tidak hanya melaibatkan unsur pemerintah, tetapi langsung melibatkan masyarakat melalui Kampung Siaga Bencana. Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor secara langsung mencanangkan kampung siaga bencana (KSG) “trisakti” Kelurahan Sungai Tiung Kecamatan Cempaka Banjarbaru. Pencanangan ini dilaksanaan pada saat gelaran Apel Siaga Bencana, Rabu (19/07).

Dicanangkannya KSG ini merupakan upaya dari pemerintah provinsi dan pemerintah kota Banjarbaru untuk memberdayakan masyarakat agar tanggap terhadap bencana yang terjadi di daerah rawan bencana.

Kampung Siaga Bencana (KSB) merupakan program nasional yang tersebar di seluruh wilayah indonesia, ksb ini masyarakat yang berada di daerah rawan bencana diberdayakan dengan cara meningkatkan kapasitas mereka dan sekaligus melakukan adanya suatu prasarana penanggulangan bencana tingkat komunitas seperti lumbung sosial, gardu sosial yang didalamnya dilengkapi cara-cara lokal dalam menanggulangi bencana serta identifikasi potensi dan sumberdaya lokal untuk penanggulangan bencana.

kampung siaga bencana adalah suatu model penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah provinsi kalimantan selatan bersama dengan melibatkan seluruh elemen yang ada di masyarakat.
KSG ini juga merupakan upaya penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Masyarakat akan diajarkan untuk tanggap terhadap bencana. Mulai dari persiapan, waktu terjadi bencana, dan pasca bencana.

Hal ini sebagaimana tujuan dari bentukanya KSG, yaitu mengurangi resiko terjadinya bencana, memberdayakan masyarakat dalam menanggulangi bencana, sebelum, pada saat, dan pasca bencana.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan penanggulangan bencana dalam bentuk apapun, merupakan proses yang harus mendapat perhatian kita bersama. kondisi dan potensi bencana yang timbul akibat peristiwa alam maupun sebab lainnya, tentu memerlukan penanganan yang melibatkan banyak pihak.

Selain itu, Gubernur juga mengatakan penanggulangan bencana tidak hanya menjadi tanggung-jawab pemerintah daerah, tetapi juga seluruh komponen serta lapisan masyarakat. bahkan, partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk mencegah dan mengurangi resiko yang muncul akibat terjadinya bencana.

Dengan terbentuknya KSG ini, Gubernur berharap keberadaan KSG mampu berkontribusi dan berfungsi secara maksimal dalam pencegahan dan penanggulangan bencana di daerah yang rawan bencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad