Festival Budaya Pasar Terapung 2017 Resmi Dibuka - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 28 Agustus 2017

Festival Budaya Pasar Terapung 2017 Resmi Dibuka

Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan Memainkan Alat Musik Kurung Kurung
Menandakan Dibukanya Festival Budaya Pasar Terapung 2017
Gelaran festival budaya pasar terapung yang menjadi agenda rutin dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam memeriahkan hari jadinya, resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan, Jum’at (25/8) malam di Depan Kantor Gubernur Kalsel.

Festival yang juga termasuk dalam agenda pariwisata nasional begitu meriah. Kemeriahan terlihat dari banyaknya pengunjung yang menyaksikan pembukaan festival ini serta stand yang lebih banyak dari gelaran sebelumnya.
Suasana berbeda begitu terasa di Halaman Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin, atau bertepatan dengan tugu 0 Km Banjarmasin.

Dimana, halaman yang biasanya digunakan untuk apel rutin PNS maupun apel-apel besar kenegaraan, kini tempat itu disulap menjadi street food. Para pengunjung dapat dengan santai, duduk di kursi dan meja yang menjadi satu, sambil ditemani live music menikmati jajanan kuliner yang tersedia.

Wagub Ajak Masyarakat Promosikan Wisata Kalsel

Para pengunjung pun antusias menyambut gelaran festival budaya pasar terapung 2017 ini, mereka langsung menyerbu dan memadati jajanan kuliner khas Kalsel yang tersebar di 13 kabupaten/kota.

Ini adalah kesempatan bagi para pencinta kuliner yang ingin mencoba kuliner khas kalsel tersebut, atau bagi yang merindukan rasa dan sensasinya. Ya mungkin karena keterbatasan waktu ataupun jarak yang jauh, sehingga menghadirkan rasa rindu atau rasa penasaran tersendiri.

Yang suka Nasi Itik Gambut ala Mama Baiti, Bingka Bunda, Kacang Bagula ala Acil Imai, Apam Barabai, Kelepon Buntut by Bukhari, Dodol dan Katupat Kandangan, Mie Bancir ala Agus Sasirangan, Itik Panggang Amuntai, Soto Banjar ala Bang Amat, Bolu Gulung, Wadai 41 macam ala Warung Isau, serta berbagai oleh-oleh khas Kalsel, semuanya ada di sini.
Selain itu, para pengunjung juga bisa merasakan sensasi minum kopi di kedai kopi melayu ala Ivan Govinda, ada juga Bisqaw Aw Aw, Risolzar, serta para pengunjung juga akan dihibur oleh artis ibu kota, seperti Virgoun pelantun single Surat Kecil untuk Starla dan Endah KDI.

Pasar Terapung Kalsel
Sebelumnya masyakarat Kalsel dan para wisatawan juga dimanjakan dengan atraksi jukung pasar terapung yang membentuk formasi bunga teratai di tengah sungai Martapura yang membelah kota Banjarmasin.

Sementara itu, pembukaan festival ini ditandai dengan memainkan alat musik kurung-kurung oleh Wakil Gubernur yang diiringi oleh water show di sungai Martapura. Kemudian pembukaan ini juga diramaikan pertunjukan fashion show Tabalong Ethnic Festival yang berasal dari Kabupaten Tabalong.

Dalam gelaran yang berlangsung sejak tadi malam (jum’at malam) hingga tanggal 30 nanti, masyarakat Kalsel dan para wisatawan akan disuguhkan berbagai kegiatan lainnya. Seperti  Kalsel Sasirangan Fashion Week, Pawai Budaya Dan Fashion Carnaval, berbagai lomba seperti lomba fotografi, lomba kampung banjar, lomba memasak, dan lomba jukung tradisional Lokbaintan yang merupakan salah satu tempat asal pasar terapung.(rr/bingkaibanua)
#Bergerak
#AyoKeKalsel
Foto: Humpro Kalsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad