Bumikan Sasirangan Hingga Nasional - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 07 Agustus 2017

Bumikan Sasirangan Hingga Nasional

BANJARMASIN- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah, mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya atas berkembangnya usaha kerajinan pembuatan kain sasirangan di Banua, khususnya di Kota Banjarmasin.

Ungkapan syukur tersebut diucapkan Hj Raudatul Jannah, pada saat membuka acara Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) 2017, di Taman Siring Piere Tendean, Jumat (17/3) sore. Istri gubernur berharap, pentingnya pembinaan berkelanjutan dari instansi terkait kepada para pengrajin sasirangan agar bisa meningkatkan kualitas dan produksi. 

Menurutnya, usaha pembuatan kain sasirangan merupakan wujud dari pengembangan ekonomi kreatif daerah yang harus didorong untuk lebih ditingkatkan. Caranya, pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten/kota perlu mendorong dan mengajak masyarakat senang mengenakan busana sasirangan baik di acara resmi maupun non formal.
Festival Sasirangan
Festival Sasirangan (Foto: bjmsasiranganfest2017.id)
"Mari kita bumikan kerajinan kain sasirangan sebagai indentitas budaya daerah melalui gemar mengenakan pakaian sasirangan. Kegiatan Banjarmasin Sasirangan Festival merupakan salah satu bukti perhatian Pemko Banjarmasin untuk menggaungkan gemar mengenakan busana sasirangan kepada masyarakat," tandasnya.

Bagi pengrajin kain sasirangan, Hj Raudatul Jannah berharap terus melakukan inovasi dan kreatifitas corak desain. Ini karena masuknya beragam corak baru kain sasirangan berasal dari Tiongkok. Tantangan ini menjadi kewajiban kita bersama untuk membantu pengrajin mengembangkan kreativitas dan kualitas.

Dikatakan Hj Raudatul Jannah, dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini, pengusaha daerah harus cerdas dalam mencari peluang kesempatan mempromosikan hasil karya dan usahanya, termasuk juga usaha kain sasirangan. Dengan promosi yang baik apalagi dengan dukungan pemerintah daerah, sasirangan diharapkan bisa lebih dikenal hingga nasional bahkan dunia internasional. 

"Kita harus bumikan cinta kain sasirangan di manapun. Busana kain sasirangan saat ini telah dicintai masyarakat. Bagi kalangan aparatur sipil negara di manapun, terlebih dari Kalsel menjadikan busana kain sasirangan sebagai busana pada pertemuan-pertemuan resmi di tingkat nasional sebagai wujud kebanggaan terhadap kerjinan khas daerah," 

Melalui kegiatan Banjarmasin Festival Sasirangan, sebut ibu gubernur, pihaknya berharap mendapat dukungan dari semua masyarakat Kalimantan Selatan, terlebih mereka yang telah menjadi publik figur di kancah nasional untuk mengenalkan dan mempromosikan sasirangan sebagai kain khas kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan. 

Ketua Dekranasda Kalsel, Hj Raudatul Jannah selain membuka Banjarmasin Festival Sasirangan bersama Walikota Banjarmasin Ibu Sina dan istri juga berkenan meninjau stand pameran sasirangan dari kabupaten/kota se Kalsel. Kegiatan lain adalah menyaksikan Festival Memasak Gegodoh Baimbai dengan peserta dari 52 kelurahan dan 5 Kecamatan se Kota Banjarmasin. (bdm/dev/humaskalsel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad