Pesona Alam Kiram: Destinasi Wisata Baru Kalimantan Selatan - Bingkai Banua

Breaking

Bingkai Banua

Inspirasi Untuk Banua

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 24 Juli 2017

Pesona Alam Kiram: Destinasi Wisata Baru Kalimantan Selatan

Pegunungan di Desa Kiram Kab. Banjar Kalsel
Kalimantan Selatan yang dulu dikenal dengan potensi alam, dengan beragam hasil tambangnya kini mulai disaingi dengan potensi wisata diberbagai daerah.
Setelah sukses dengan wisata alam Loksado yang menjadi salah satu kawasan strategis pariwisata nasional dan dikenal hingga mancanegara, kini ada satu lagi destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan alam dan petualangan di dalamnya.

Pegunungan Di Desa Kiram
dan Sungai Mengalir di Bawahnya
Destinasi tersebut terletak di Desa Kiram. Sebuah desa yang dikelilingi oleh pegunungan tinggi menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Banjar, tepatnya di Kecamatan Karang Intan.

Udara yang sejuk, wilayah yang asri menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Selain itu, pesona alam yang terdiri dari pegunungan dan sungai-sungai mengalir di sekitarnya, menambah daya tarik Desa Kiram. Bahkan salah satu puncak pegunungan di desa tersebut, yaitu Puncak Gunung Mawar siap memanjakan mata wisatawan dengan pemandangan awan atau embun yang menyelimuti pegunungan-pegunungan di sekitarnya.

Sebagai bentuk dukungan dan komitmen Gubernur dalam menggali sumber ekonomi baru, khususnya di sektor pariwisata, Paman Birin kemarin (Sabtu, 22/07) mengajak seluruh Kepala SKPD Lingkup Pemprov Kalsel untuk “mengeksplor” potensi wisata di desa Kiram tersebut.

"saya mengajak seluruh SKPD ini agar masing-masing dari mereka tau bahwa ada tempat wisata baru yang tidak jauh dari pusat kota, salah satunya arung jeram Kiram ini dan mereka sebagai kepala SKPD dapat ikut mempromosikan wisata ini" ucap Paman Birin setelah selesai mengarungi aliran Sungai Kiram dengan bamboo selama kurang lebih 45 menit perjalanan.
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor (rompi orange)
Mengayuh Bamboo Rafting di Sungai Kiram
foto: dony Sophandy


Pesona Alam kiram diprediksi akan menjadi salah satu desnitasi wisata baru di Kalsel yang siap menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Terlebih pesona alam kiram juga menawarkan wisata sungai dengan menaiki bamboo rafting. Layaknya petualangan bamboo rafting di sungai Loksado, bamboo rafting di sungai Kiram juga tidak kalah menarik dan menantang.

Sementara jarak objek wisata ini tidak terlalu jauh dengan pusat kota, kurang dari 1 jam perjalanan dari Kota Banjarbaru dan didukung oleh akses jalannya cukup nyaman dan lancar mempermudah masyarakat yang ingin berkunjung.

Menurut Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Mahyuni,MT, tereksposenya destinasi wisata alam Kiram ini tidak lepas dari tangan dingin Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau dikenal dengan Paman Birin. Dengan memberdayakan sumber daya alam yang belum diketahui orang banyak, Paman Birin berhasil menemukan spot-spot menarik yang menjadi daya tarik wisatawan.

"wisata ini sebagai wisata alternatif baru yang menarik baik yang suka pegunungan maupun sungai di sini dapat semua, apalagi kami sudah buatkan akses jalan yang cukup nyaman untuk masyarakat, nantinya akan terus kami kembangkan wisata-wisata potensial lainnya di daerah sekitar Kiram ini karena masih banyak yang bisa digali sambil terus berbenah untuk fasilitasnya" jelas Mahyuni.

Puluhan bamboo rafting disiapkan untuk para Kepala SKPD yang antusias dengan wisata baru ini. Sepanjang perjalanan, rombongan Paman Birin dimanjakan dengan pesona alam yang luar biasa, salah satunya gunung Pamathon. Sebelumnya, sejumlah Kepala SKPD juga diajak Paman Birin untuk menaiki puncak gunung dengan menggunakan motor trail.

Kepala SKPD yang ikut pada kegiatan bamboo rafting kemarin diantaranya, Plt,Kepala Dinas Pariwisata, Ahmad Mahyuni, Kepala Bappeda, Nurul Fajar Desira, Kepala Dinas Kehutanan, Hanif Faisol Nurofiq , Plt Kepala Dinas Kesehatan, Muslim, Kepala Dinas Pendidikan, Yusuf Effendi, Kepala Dinas Sosial, Adi Santoso, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultrura, Faturrahman, Kepala BKD Perkasa Alam, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang,Achmad Sofian, Inspektur Provinsi, Awi Sundari, Direktur RSUD Ulin, Suciati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Gusti Syahyar, Sejumlah Kepala Biro dan Asisten juga Staf Ahli Gubernur ikut dalam kegiatan ini. (pr/drf/humaskalsel)

Berikut Keseruan dan Pesona Alam Desa Kiram
 
Tim Liputan Humas Kalsel
Tim Liputan Humas Kalsel Sebelum Beraksi mengabadikan momen


View Arung Jeram SUngai Kiram
Gunung Pamathon nampak dari Sungai Kiram
Tim Liputan Humas Kalsel

1 komentar:

  1. Visit komodotravelmart.com

    Kunjungi komodo travel mart dapatkan penawaran paket wisata NTT dengan harga menarik dari puluhan seller NTT. Nikmati juga liburan gratis ke beberapa daerah di NTT dengan bergabung pada acara komodo travel mart.

    BalasHapus

Post Top Ad